Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Pos Kamling, Desa Mrentul Mengamankan "Pencuri Sepeda Motor"

Senin, 20 Desember 2021 | Desember 20, 2021 WIB Last Updated 2021-12-21T03:29:24Z
MAJALAHCEO.COM, POLRES KEBUMEN,-----Pentingnya peran masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing, Polres Kebumen menggelar kegiatan Lomba Pos Kamling.

Total ada 6 Pos Kamling yang menjadi perwakilan dan peserta lomba, diantaranya Pos Kamling Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo, Pos Kamling Desa Tanjungsari, Kecamatan Kutowinangun, Pos Kamling Kelurahan Kebumen, Pos Kamling Desa Sitireja, Kecamatan Klirong dan Pos Kamling Desa Banjareja Kecamatan Kuwarasan.

Kegiatan lomba yang diinisiasi oleh Sat Binmas Polres Kebumen, disambut antusias masyarakat.

Salah satunya adalah peserta lomba Pos Kamling RT 06 RW 01, Dukuh Saragan, Desa Mrentul Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen, semangat sekali mengikuti lomba.

Pos Kamling RT 06 RW 01, Dukuh Saragan, Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo menjadi salah satu perwakilan peserta lomba kelompok A di bawah binaan Polsek Mirit, Polsek Prembun, Polsek Padureso, dan Polsek Bonorowo selaku tuan rumah.

Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Tamzil Mardiono saat memimpin penilaian lomba mengungkapkan, Pos Kamling Desa Mrentul nyaris sempurna karena banyak kelengkapan ronda yang disiapkan warga.

"Pada putaran penilaian pertama ini, khususnya di Pos Kamling Desa Mrentul cukup bagus. Fasilitas Pos Kamling cukup lengkap. Antisipasi masyarakat juga tinggi," jelas AKP Tamzil mewakili Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Senin (20/12).

Menurut AKP Tamzil, Pos Kamling adalah sarana komunikasi antara masyarakat dengan Polri dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Di hadapan tim penilai, Pos Kamling Desa Mrentul memperagakan bagaimana pembagian tugas ronda, menolong warga yang terlibat kecelakaan lalu lintas, dan mengamankan pencuri sepeda motor.

Warga juga melibatkan Polsek dan Koramil dalam penyelesaian kasus tersebut dengan cara segera menghubungi petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Menurut AKP Tamzil, tugas masyarakat jika melihat ada kecelakaan yang pertama adalah mengamankan status quo tempat kejadian perkara, selanjutnya menolong korban, mengamankan tersangka dan melaporkan ke polisi.

"Hal ini sudah diperagakan dengan baik oleh Pos Kamling Desa Mrentul. Namun penilaian lainnya banyak dari berbagai aspek. Semoga kita akan mendapatkan pemenang yang terbaik, yang nantinya akan mewakili Polres Kebumen di tingkat Polda Jateng," imbuhnya.

Camat Bonorowo Ngadiyo yang juga hadir mendampingi para Kapolsek Kelompok A, berharap lomba Pos Kamling yang diperagaan oleh warga Desa Mrentul bisa diaplikasikan di setiap melakukan ronda malam dan kehidupan sehari-hari.

Ia berpendapat bahwa keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI ataupun Polri, namun juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

"Sesuai yang dititipkan oleh Polres Kebumen, kami berharap ini bukan hanya peragaan namun juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena keamanan bukan hanya tanggung jawab Polri, tapi tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan," kata Ngadiyo.

Pada penilaian hari pertama ini, selain Pos Kamling Desa Mrentul, Pos Kamling Desa Tanjungsari RT 01 RW 01 Kecamatan Kutowinangun juga dilakukan penilaian.

Yang berbeda, Desa Tanjungsari memperagakan bagaiamana warga mengamankan pencuri ayam yang membawa senjata tajam, serta menyelesaikan persoalan warga yang terlibat kecelakaan lalu lintas dengan jalur mediasi warga.

(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)
×
Berita Terbaru Update