Notification

×

Iklan

Iklan

TA 2021 Pemerintah Desa Cabang Empat Fokuskan Penanggulangan Covid-19 di Desa

Rabu, 29 Desember 2021 | Desember 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T01:52:46Z

 





Majalah CEO-Lampung utara- Pemerintahan desa (Pemdes) Cabang Empat Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) salurkan Bantuan Langsung Tunai melalui Alokasi Dana Desa (BLT-DD) kepada 174 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) desa setempat.


Sebanyak 173 KPM disalurkan melalui rekening masing-masing, sedangkan sisanya ditunaikan dikarenakan warga tersebut merupakan KPM tambahan.


Kepala desa (Kades) Cabang Empat melalui Sekretaris desa, Murnianto mengatakan pengelolaan dana desa tahun ini masih berfokus pada penanggulangan Covid-19 didesa. Alokasi DD Cabang Empat periode tahun 2021 sejumlah Rp1.008.782.000 dialokasikan untuk beberapa kegiatan, seperti alokasi Desa Aman Covid-19 sebesar 8 persen dari DD, penyaluran BLT-DD, alokasi untuk pembiayaan Pilkades serentak, serta sisanya digunakan untuk operasional pemdes dan pos-pos lainnya yang tercantum dalam APBDes tahun 2021.






"Tahun ini desa menunda pembangunan sarana prasarana desa dikarenakan pihak desa masih berfokus pada penanggulangan Covid-19 berdasarkan instruksi Pemerintah pusat, sisanya kita gunakan untuk pelaksanaan Pilkades dan kegiatan lain sesuai APBDes tahun 2021 desa Cabang Empat," kata Sekdes saat dikonfirmasi dikantor desa, Rabu, (29/12).


Selain penyaluran BLT-DD, lanjut Murnianto, Pemdes Cabang Empat juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako bagi warga yang terpapar Covid-19 dengan jumlah sekira 25 paket sembako. Sumber pembiayaan bantuan paket sembako diambil melalui anggaran 8 persen Desa Aman Covid-19.


"Jadi, anggaran Desa Aman Covid-19 tersebut bukan hanya untuk pembuatan posko, penyediaan ruang isolasi, maupun penyediaan masker dan disinfektan, tetapi bagi warga yang terpapar, kita bantu dengan memberikan sedikit bantuan berupa paket sembako," paparnya.


Terkait anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021, pihaknya merealisasikan sebesar Rp40 juta dan langsung diserahkan ke panitia melalui transfer via rekening. Semua pengelolaan diberikan hak sepenuhnya kepada panitia tanpa ada intervensi pihak Pemdes. Pihak Pemdes hanya menerima hasil laporan pertanggungjawaban (LPj) yang diserahkan oleh pihak panitia desa.


"Sejak awal penyusunan memang sudah kita anggarkan untuk persiapan pelaksanaan Pilkades serentak. Pada saat pelaksanaan pun kami tidak ikut andil dalam mengelolanya, hak sepenuhnya dipegang oleh panitia desa, kami hanya meminta laporan akhir terkait penggunaan anggaran tersebut," imbuhnya.


Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Sekdes, saat ini pihak Pemdes Cabang Empat sedang gencar-gencarnya melaksanakan giat vaksinasi di desa guna menyukseskan program Vaksinasi nasional hingga tingkat desa.(Bambang)


×
Berita Terbaru Update