Kamis, 16 Desember 2021

Tipu Ratusan Juta, Uang Dihabiskan Tersangka untuk Bermain Judi

Tipu Ratusan Juta, Uang Dihabiskan Tersangka untuk Bermain Judi

MAJALAHCEO COM POLRES KEBUMEN---Kasus tindak pidana penipuan diungkap jajaran Sat Reskrim Polres Kebumen. Pria inisial MRD (42) warga Desa Kupang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Tersangka berhasil mendapatkan uang ratusan juta Rupiah dari korban inisial HY (48) warga Desa Candiwulan, Kecamatan Adimulyo, Kebumen.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Wakapolres Kompol Edi Wibowo, modusnya adalah jual beli yang dilakukan oleh tersangka kepada korban.

Kejahatan bermula pada hari Selasa, tanggal 18 Agustus 2020, tersangka menemui korban untuk menawarkan satu unit kendaraan mobil Honda BRV seharga 150 juta Rupiah.

Saat itu tersangka memberikan iming-iming, jika mobil telah dibeli korban, sudah ada pembeli kedua yang siap membeli seharga 160 juta Rupiah.

Dengan kata lain, dari hasil membeli mobil tersangka, korban mendapatkan keuntungan 10 juta Rupiah.

"Hal tersebut ternyata adalah serangkaian upaya tersangka untuk memuluskan aksinya mengelabui korban. Korban akhirnya terbujuk untuk membeli mobil karena akan mendapatkan keuntungan," jelas Kompol Edi Wibowo saat konferensi pers, Kamis (16/12).

Namun ternyata, calon pembeli yang diceritakan oleh tersangka tidak pernah ada.

Setelah dijual, dan tersangka telah menerima uang, namun mobil tetap dibawa tersangka untuk keperluan lain.

Selanjutnya di lain kesempatan, tersangka kembali menemui korban menawarkan tambak udang miliknya di daerah Pantai Jetis, Kabupaten Purworejo seharga 200 juta Rupiah.

Dalam bujuk rayunya, tersangka mengatakan tambak bisa dibayar dengan mobil Honda BRV milik korban yang masih dikuasai oleh tersangka MRD.

Korban akhirnya tergiur karena mendapatkan keuntungan 50 juta Rupiah dari harga mobil yang semula ia beli 150 juta Rupiah.

Namun akhirnya kejahatan terbongkar, setelah korban mengetahui bahwa tambak yang dibelinya itu ternyata milik orang lain yang disewa oleh tersangka MRD.

Mengetahui menjadi korban penipuan, akhirnya korban melaporkan ke Polres Kebumen.

Kepada polisi tersangka mengaku, uang 150 juta yang diterima dari korban telah habis digunakan untuk berjudi dan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Kepada warga di sekitar tambak udang di Pantai Jetis Purworejo, tersangka mengaku sebagai anggota Polri.

Hal ini dilakukan tersangka agar mendapatkan akses mudah menyewa banyak tambak udah di daerah tersebut.

Kini tersangka dijerat dengan Pasal 378 atau 372 KUH Pidana tentang penipuan dan atau penggelapan.

(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved