Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Lampung Utara Gandeng Pemerintah Daerah Melalui Dinas Kesehatan Adakan Vaksinasi Untuk Anak Dibawah 12 Tahun

Rabu, 05 Januari 2022 | Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T09:50:21Z

 





Majalah CEO-Lampung Utara - Polres Lampung Utara bersama Dinas Kesehatan menggelar Vaksinasi Merdeka Anak secara serentak yang dilaksanakan di beberapa titik tersebar yang ada di Kabupaten setempat, Rabu, (05/01).


Giat vaksinasi bagi anak-anak usia 6 - 11 tahun khususnya yang ada di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Tanjung Aman berlangsung atas kerjasama antara Unsur Polri-TNI dan Pemkab setempat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lampura.


Kapolres Lampura, AKBP Kurniawan Ismail, saat dikonfirmasi seusai meninjau kegiatan vaksinasi mengatakan vaksinasi merdeka anak ini hanya diperbolehkan untuk Kabupaten daerah yang capaian vaksinasi tahap pertama telah mencapai target 70 persen. Dikarenakan Kabupaten Lampura sudah mencapai target di tahap pertama, maka diawal tahun ini Kabupaten Lampura langsung bergerak, mengingat varian baru virus Omnicron yang paparannya lebih cepat telah masuk ke Indonesia, maka diawal tahun ini Polres Lampura bersama Pemkab setempat bergerak cepat untuk melakukan vaksinasi khususnya bagi anak dibawah usia 12 tahun ujar ", kapolres


Sementara itu, Kepala UPT SDN 3 Tanjung Aman, Feronika, mengatakan pihaknya sebelumnya telah menginformasikan ke orang tua murid serta meminta rekomendasi atau persetujuan wali murid untuk divaksin tanpa adanya unsur paksaan.


"Setelah kita di informasikan, maka kita langsung merespon, dengan cara menginformasikan ke wali murid bahwa akan diadakan kegiatan vaksinasi bagi anak didik disekolah. Sebelum anak-anak divaksin, kita juga sudah mengantongi surat persetujuan dari orang tua murid, tanpa ada unsur paksaan," jelasnya.


Untuk pelaksanaan Vaksinasi di wilayah Kelurahan Tanjung Aman, Polres Lampura menggandeng tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Kotabumi II. Kepala UPT Puskesmas Kotabumi II, Wahyu Utami, saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya di Puskesmas Kotabumi II mempersiapkan vaksin bagi anak sekolah dengan jumlah hingga ribuan vaksin jenis Sinovac yang pendistribusiannya secara bertahap.


"Sebelum pelaksanaan, kita Koordinasi dengan pihak sekolah. Hanya saja, untuk pelaksanaan Vaksinasi perdana di Kecamatan Kotabumi Selatan yang sudah siap baru di sekolah ini, namun kedepannya akan kita Surati secara resmi ke setiap sekolah dasar sebelum pelaksanaan. Khusus untuk vaksin anak di usia 6 sampai 11 tahun kita gunakan vaksin Sinovac, dan stoknya kita siapkan hingga empat ribu vaksin secara bertahap," terang Kapus Wahyu.


Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampura, Maya Natalia Manan, mengatakan Pelaksanaan vaksinasi covid untuk anak usia 6-11 tahun pelaksanaannya berdasarkan Surat Keputusan dari Kementerian Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021 dan  SR.02.06/II/165/2022 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak. Yang rencananya akan dijadwalkan secara serentak di 23 Kecamatan.


"Vaksinasi bagi anak-anak sudah kita persiapkan, dan hari ini kita mulai kegiatannya atas dasar Keputusan yang dikeluarkan oleh Kemenkes terkait vaksinasi pada anak di usia 6 sampai 11 tahun," tuturnya.


Diketahui, Kabupaten Lampura hingga akhir tahun 2021,  pencapaian vaksinasi tahap pertama telah melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, berdasarkan data yang dirilis pecapaian Vaksinasi di Lampura mencapai angka 70 persen lebih.(bamb)

×
Berita Terbaru Update