Selasa, 15 Februari 2022

Gencarkan Edukasi Lalu Lintas, Polres Pekalongan Kota Imbau Awak Angkutan Tidak Over Dimension Dan Over Loading

Gencarkan Edukasi Lalu Lintas, Polres Pekalongan Kota Imbau Awak Angkutan Tidak Over Dimension Dan Over Loading

 


MAJALAHCEO.Com,KOTA PEKALONGAN,-|| Sosialisasi penertiban terhadap kendaraan ODOL (Over Dimension Over Loading) gencar dilakukan Sat Lantas Polres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah bersama Dinas Perhubungan Kota Pekalongan terhadap pemilik pengusaha angkutan, perusahaan, serta para sopir kendaraan berat seperti truck tangki, truck dump serta kendaraan angkutan ekspedisi yang melintas di wilayah Hukum Polres Pekalongan Kota.


Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota AKP Tri Handayani, SH, mengatakan pelanggar muatan dan dimensi berlebih di jalan berdampak terhadap rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan serta bahaya akan kecelakaan lalu lintas, sehingga perlu diberikan tindakan sesuai dengan aturan perundang - undangan yang ada.


"Bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Pekalongan telah kita sosialisasikan penindakan ODOL harapannya para pemilik usaha angkutan ataupun perusahaan tidak melanggar ODOL," kata Kasat Lantas.


Seperti yang dilakukan oleh petugas gabungan Satlantas dan Dinas Perhubungan Kota Pekalongan yang dipimpin oleh Kanit Kamsel Iptu Budi Winarso ,SH selasa, (15/02/2022), menyambangi beberapa perusahaan dan para sopir truk di kota Pekalongan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan pasal 227 dan 307 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.


Salah satu yang disambangi adalah perusahaan Angkutan Umum expedisi Ninja Express di wilayah kota Pekalongan.


Dalam kegiatan tersebut, petugas mengimbau kepada pelaku usaha dan para sopir untuk tidak melanggar ketentuan muatan, baik over dimensi dan over load agar tetap di perhatikan karena kecelakaan berawal dari pelanggaran.


Kasat Lantas membeberkan bahwa berkaca pada kejadian di luar wilayah kota Pekalongan, kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kendaraan over dimension over loading (ODOL), ternyata cukup besar, bahkan di antaranya tabrakan beruntun yang dapat mengakibatkan banyak korban jiwa, dan juga kerugian materiil yang tidak sedikit.


"Jangan sampai kejadian laka lantas fatal yang terjadi di luar kota Pekalongan terjadi di wilayah kita. Untuk itu mari kita antisipasi bersama dengan disiplin berlalu lintas," beber Kasat Lantas.


Selain di gudang Ninja Expres, petugas gabungan juga mendatangi pemilik kendaraan truk yang ada di wilayah kecamatan Pekalongan Timur.


Tidak hanya masalah ODOL, petugas juga mengajak para sopir untuk disiplin penerapan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker pada saat diluar rumah, sebagai langkah dalam menanggulangi dan memutus rantai penyebaran COVID-19 apalagi saat ini ada virus varian baru yaitu Omicron.

( Jun/Sumber  Kasi Humas )

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved