Kamis, 24 Maret 2022

Kapolri Ungkap Peredaran Sabu Jaringan Internasional Timteng 1,196 Ton

Kapolri Ungkap Peredaran Sabu Jaringan Internasional Timteng 1,196 Ton


MAJALAHCEO.COM,Soreang,|  - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terjun langsung mengungkap penggagalan kasus peredaran narkoba jenis sabu sebanyak 1,196 ton.


Peredaran narkoba yang melibatkan jaringan internasional Timur Tengah itu, berhasil digagalkan di Pantai Madasari Kabupaten Pangandaran pada 16 Maret lalu.

Aksi penggagalan peredaran narkotika jenis sabu tersebut kerja sama antara Bareskrim Polri, Dit Narkoba Polda Jawa Barat dan BNNP Jabar. 


Tersangka yang berhasil diamankan yaitu seorang pria berinisial SA (33 tahun), HM (41), HH (39), AH (38), dan MB pria asal Afganistan (20).


"Terungkapnya kasus narkotika jenis sabu jaringan internasional ini berawal dari hasil pengembangan terhadap kasus narkotika jenis sabu yang sebelumnya telah diungkap oleh Ditres Narkoba Polda Jabar dengan tersangka SA yang ditangkap di Bogor dengan barang bukti sabu 6 gram," ujar Kapolri saat konferensi pers di Pusat Pendidikan Intel di Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Kamis (24/3/2022).



Dia menuturkan, tersangka SA mengaku mendapatkan sabu dari HM yang diketahui terlibat jaringan peredaran sabu internasional dan merupakan pengendali barang sabu. Selanjutnya, pihaknya mendapatkan informasi bahwa akan terjadi pengiriman sabu dalam jumlah besar melalui laut.


Kapolri mengatakan, jajarannya langsung melakukan penyelidikan intensif terhadap informasi tersebut. Pihaknya mendapatkan, informasi lebih lanjut bahwa HM bekerja sama dengan HH yang merupakan sopir pengangkut barang tersebut dan sabu yang dikirim akan disimpan di tiga tempat di wilayah Pangandaran.


"HM didapat informasi akan menerima narkotika jenis sabu lewat perahu nelayan di wilayah Madasari Pangandaran," katanya. 


Pihaknya pada Rabu (16/3/2022) langsung melakukan penyelidikan. Aparat juga mengetahui HM sedang melaut menggunakan perahu nelayan setempat.


"Dilakukan penyergapan pada saat memindahkan karung yang diduga sabu ke mobil yang sudah menunggu di Pantai Madasari," katanya. Turut diamankan HM, HH, AH dan MB memiliki peran mengawal sabu dari luar negeri.


"Barang bukti yang diamankan 6 karung berisi kotak yang diduga sabu dengan perhitungan kasar berat 1,196 ton. Satu paket narkotika jenis sabu berat bruto kurang lebih berisi 27 gram," katanya.

Barang bukti lainnya yang diamankan yaitu perahu nelayan SeaGipsy dan satu unit mesin parsun 40 PK, tiga unit mobil, enam unit handphone dan satu pucuk air soft gun model Makarov serta rekaman CCTV.


Ia mengatakan para pelaku dikenakan pasal 112 ayat (2) Jo pasal 113 ayat (2) Jo pasal 114 ayat (2) Jo pasal 115 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman maksimal hukuman mati, seumur hidup atau 20 tahun penjara.


Kapolri mengatakan total barang bukti sabu yang diamankan 1,196 ton setara dengan uang sebesar Rp 1,43 triliun jika 1 gram diasumsikan Rp 1.200.000. Total masyarakat yang dapat diselamatkan atas penggagalan peredaran sabu tersebut kurang lebih 5.980.000 jiwa dengan asumsi 1 gram dikonsumsi oleh 5 orang.


"Berkas dalam proses dilengkapi dan kalau sudah lengkap dikirim agar bisa melakukan tindak selanjutnya," katanya.


**(M30.002)**

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved