Minggu, 01 Mei 2022

Gelar Apel Pengamanan Malam Takbir, Kapolres Sukoharjo Minta Masyarakat Tidak Lakukan Takbir Keliling

Gelar Apel Pengamanan Malam Takbir, Kapolres Sukoharjo Minta Masyarakat Tidak Lakukan Takbir Keliling


MAJALAHCEO. COM,SUKOHARJO,---- Polres Sukoharjo menggelar Apel Pengamanan Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Minggu (1/5/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengimbau masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk tidak menggelar pawai takbir keliling yang berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga terjadi transmisi penularan Covid-19.



"Pemerintah tak ingin terjadi ledakan kasus Covid-19 setelah perayaan Lebaran," ungkapnya.


Kapolres menerangkan, kebijakan serupa soal takbir keliling diambil pemerintah selama dua tahun berturut-turut pada 2020 dan 2021. Kala itu, laju persebaran pandemi Covid-19 tak terkendali dan makin masif. 


Demi mencegah transmisi penularan Covid-19, kegiatan pawai takbir keliling ditiadakan guna mencegah kerumunan massa. 


“Imbauan kami, masyarakat tidak menggelar pawai takbir keliling yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Kepolisian membantu pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.


Dia menjelaskan pawai takbir keliling yang disertai konvoi arak-arakan kendaraan bermotor di jalan raya bisa mengganggu arus lalu lintas terutama di jalur mudik. Para pengguna jalan lainnya bakal merasa terganggu saat ada arak-arakan pawai takbir keliling. Karena itu, masyarakat dimintak tak bereuforia dalam menyambut Lebaran.


Kapolres menyebut fokus utama pengamanan Lebaran di jalur mudik dan balik Lebaran terutama kemacetan arus lalu lintas. Namun demikian, pengendalian pandemi Covid-19 tak bisa dikesampingkan kendati mayoritas perantau yang pulang ke kampung halaman telah menerima vaksinasi.


“Fokus kami ada dua yakni pengaturan arus lalu lintas di jalur mudik dan pengendalian pandemi Covid-19. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus Covid-19 pasca-Lebaran,” ujar dia. Menurutnya, saat malam takbiran, anggota polsek bakal mengintensifkan patrol keliling untuk memantau apakah ada masyarakat yang menggelar pawai takbir keliling atau tidak.


Kapolres berharap masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kondusivitas keamanan selama perayaan Lebaran.


#(Jun/Sumber Humas Polres Sukoharjo)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved