Senin, 15 Agustus 2022

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Luncurkan Layanan Green Service Dalam Pembuatan SIM Dan SKCK

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi  Luncurkan Layanan Green Service Dalam Pembuatan SIM Dan SKCK


MAJALAHCEO.COM,CIREBON,-|Polresta Cirebon Polda Jabar meluncurkan layanan Green Service dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon Polda Jabar, Senin (15/8/2022). Peluncuran layanan Green Service tersebut turut dihadiri Forkompimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Kapolresta Cirebon Polda Jabar, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, dalam layanan Green Service tersebut masyarakat dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik.



"Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon Polda Jabar" kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.


Ia mengatakan, saat ini Polresta Cirebon Polda Jabar telah bekerja sama dengan 10 bank sampah di Kabupaten Cirebon. Namun, pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon untuk mengintegrasikan saldo bank sampah untuk digunakan dalam pembayaran SIM dan SKCK.


Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon Polda Jabar dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon Polda Jabar.


Pasalnya, nasabah bank sampah tersebut akan mendapatkan layanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon Polda Jabar. Sehingga mereka bakal mendapatkan banyak keuntungan dalam layanan yang diinginkannya dari mulai tempat duduk prioritas, tanpa antre, tanpa uang, dan dipastikan lebih cepat.


"Kalau hari ini sampah plastiknya baru dapat 4 kilogram atau 1 kilogram sekalipun tidak ada masalah, yang terpenting terus-menerus menabung di bank sampah sampai dengan saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP dalam pembuatan SIM maupun SKCK," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan, layanan tersebut dilaunching untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik.


Kapolres mengatakan pihaknya juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi dalam menjaga keindahan, kelestarian, dan ekosistem alam khususnya dari pencemaran sampah plastik. Pasalnya, mulai hari ini sampah plastik tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembayaran PNBP dan akan mendapatkan layanan prioritas.


Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, mengatakan, Pemkab Cirebon mendukung penuh inovasi Polresta Cirebon Polda Jabar  dalam layanan Green Service tersebut. Pasalnya, terobosan tersebut dapat mengurangi produksi sampah plastik masyarakat.


"Kami akan mendorong seluruh stakeholder hingga tingkat kecamatan dan desa untuk menyosialisasikan layanan Green Service Polresta Cirebon kepada warganya. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sampah plastik untuk pembayaran PNPB dalam penerbitan SIM dan SKCK," kata Drs. H. Imron, M.Ag.


#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved