Senin, 29 Agustus 2022

Sat Samapta Polres Kebumen Latihan Beladiri Tongkat Polri

Sat Samapta Polres Kebumen Latihan Beladiri Tongkat Polri


MAJALAHCEO.COM,POLRES KEBUMEN,---- Dalam seni beladiri Polri, tongkat T menjadi salah satu senjata untuk melawan dan bertahan jika terjadi serangan. 


Teknik penggunaannya telah dikembangkan sesuai gerakan-gerakan teknik dasar, pukulan, tangkisan, dan kuncian.


Ada banyak teknik diaplikasikan pada tongkat yang menjadi salah satu perlengkapan perorangan anggota Polri itu.


Pagi ini Sat Samapta Polres Kebumen mengikuti latihan beladiri Polri menggunakan tongkat T, Senin (29/8).


Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, latihan dilakukan agar personel Sat Samapta lebih trampil dalam menggunakan tongkat T.


"Latihan beladiri menjadi salah satu agenda rutin. Ada banyak materi beladiri Polri, diantaranya beladiri menggunakan tongkat T," jelas Aiptu Catur. 


Tongkat T ini memiliki tiga bagian penting yang dapat dijadikan pegangan yang sekaligus ujung serangan yaitu: handle, short end dan long end.


Dengan memegang handle, bagian ujung yang panjang dari tangkainya diletakkan di balik lengan bagian bawah, pemakaian tongkat T dapat memperkuat lengannya dan melakukan gerakan tangkisan atau pukulan seperti biasa.


Salah satu teknik pukulan yakni dengan mengendorkan genggaman pada handle dan mengayunkan ujung panjang dari tangkai tongkat dengan lintasan melengkung, untuk memukul sasaran pada jarak menengah.


"Dari beladiri yang dilatihkan banyak sekali jenis pukulan yang dapat dikombinasikan dengan tongkat T. Ini akan membantu personel saat bertugas terutama saat menghadapi situasi tertentu," ungkap Aiptu Catur. 


Teknik beladiri Polri menggunakan tongkat T banyak mengambil dari gerakan seni beladiri Jiu-Jitsu asal negeri sakura Jepang.



(Jun/Sumber  Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved