Rabu, 31 Agustus 2022

SKW Perdana, PW-MOI: Catatan Penting Bagi Wartawan Media Oline

SKW Perdana, PW-MOI: Catatan Penting Bagi Wartawan Media Oline




MAJALAHCEO.COM | PADANG | Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melaksakan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) angkatan pertama di Sumatera Barat resmi dilaksanakan, pembukaan acara Senin (29/8/22).


Setelah pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan, Pengurus PW-MOI Sumatera Barat segera melakukan rapat koordinasi di GSG Semen Padang Selasa 30 Agustus 2022.


Dalam pertemuan tersebut membahas tentang penguatan Organisasi PW-MOI Sumbar, di samping itu pengurus juga sepakat bahwa SKW LSP-BNSP ini sangat penting anggota PW-MOI Sumbar sebagai kompetensi yang secara legal Formal, Berdasarkan


Undang Undang N0. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 18.


Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 61.


Undang-Undang No. 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian (Lembaran Negara tahun 1984 No. 22, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3274).


Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004, yang mana merupakan dasar hukum pendirian BNSP, tugas pokok BNSP adalah melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.


BNSP juga dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.


Dibentuk pada tahun 2004, BNSP memiliki visi:


“Menjadi lembaga otoritas sertifikasi profesi yang independen dan terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di dalam maupun di luar negeri”.


Dan khusus untuk Sertifikasi Pers secara resmi dan di SK oleh BNSP kepada Lembaga Sertifikasi Pers (LSP), SKW pertama ini merupakan catatan penting.


Dicatat oleh sejarah, bahwa peserta SKW ini menjadi Angkatan pertama di Sumatera Barat dalam mengikuti sertifikasi kompetensi Profesi yang mengikuti aturan pemerintah.


“licensi adalah Izin dari pemerintah atau badan lainnya untuk melakukan tindakan tertentu dalam menjalankan usaha/profesi (license).”


Sekaitan dengan hal tersebut, Ketua LSP Pers Indonesia Hence Mandagi, dalam sambutannya mengatakan, sangat berterimakasih terimakasih pada seluruh undangan Fokopimda Sumbar, kabupaten dan kota yang hadir, juga pada peserta.


Baca Juga  Antisipasi Kemacetan, Unit Lantas Polsek Jatiuwung Melaksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Jalan Gatot Subroto Pertigaan RS An-nisa


“Kehadiran Bapak dan Ibu membuktikan kehadiran negara melalui BNSP diterima baik di Sumatera Barat,” kata Hentje Mandagie.


Ditambahkannya, SKW merupakan sertifikasi profesi wartawan pertama di Sumatera Barat yang diakui atau dilaksanakan oleh negara melalui LSP Pers Indonesia.


“Kami hadir untuk membantu wartawan mensertifikatkan kompetensinya, bukan membuat ujian layaknya orang baru belajar jadi wartawan. Keahlian dan pengalaman wartawan itulah yang kita sertifikatkan dengan alat ukur standar kompetensi kerja khusus wartawan yang sudah disahkan pemerintah,” tambah Mandagi.


Acara SKW tersebut dibuka Wali Kota Padang yang diwakili Kadis Kominfo Kota Padang, Al-Amin, dimana dalam sambutannya mengatakan Pemko Padang sangat mengapresiasi kegiatan ini


“Ini sangat tepat, kita tidak alergi Wartawan, mari kita dukung bersama pembangunan Kota Padang. Kinerja wartawan sangat dibutuhkan dalam pembangunan Kota Padang,” harap walikota Padang yang diwakili Kadis Kominfo ini


Hal senada juga disampaikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Pustea melalui Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, dengan mendukung kegiatan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Lembaga Sertifikasi Profesi Pers (LSP) Indonesia, berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).


“Ini sangat positif bagi rekan – rekan Wartawan. Kita harapkan kedepan seluruh rekan – rekan Wartawan bisa mengikuti kegiatan SKW ini,” kata Kombes Pol Dwi Sulistyawan.


Pembukaan SKW cukup khidmad yang dihadiri stakeholder, baik instansi pemerintah, maupun TNI dan Polri, juga mitra kerja lainnya.


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved