Rabu, 24 Agustus 2022

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 TA 2022, Hari Ini Serentak Resmi Ditutup

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 TA 2022, Hari Ini Serentak Resmi Ditutup


MAJALAHCEO.COM,Garut, - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 114 TA. 2022 di wilayah Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di Kodim 0608/Cianjur Korem 061/SK Bogor, Kodim 0611/Garut Korem 062/TN Garut, Kodim 0620/Kab Cirebon Korem 063/SGJ dan Kodim 0603/Lebak Korem 064/MY Serang Banten. Yang merupakan TMMD Reguler di 4 Kabupaten Provinsi Jawa Barat dan Banten, hari ini Rabu (24/08/2022) secara serentak resmi ditutup. 


Selain TMMD Reguler, yang pelaksaannya dibuka sejak Selasa (27/07/2022) lalu,  di tahun 2022 ini, dilaksanakan juga TMMD Imbangan yang dilaksanakan oleh Kodim 0609/Cimahi Korem 062/TN. 


Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto kepada awak media di kantor Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Rabu (24/08/2022).



Dikatakan Kapendam, TMMD di empat Kodim tersebut masing-masing melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik. Sasaran fisik utama berupa perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan dan sasaran tambahan berupa pembangunan ataupun perbaikan sarana fasilitas umum, sarana ibadah, rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). 


Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan masalah kesehatan, Kamtibmas, wawasan kebangsaan, Pos Yandu dan ketahanan pangan. Melalui sasaran non fisik pada TMMD mejadikan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah terpencil sangat berarti dan menambah semangat Nasionalisme. Setelah  TMMD berakhir, kegiatan non fisik  akan ditindak lanjuti oleh Babinsa melalui Komsos.


Sementara itu progress capaian pekerjaan baik sasaran fisik maupun non fisik pada TMMD ke 114 TA 2022 di wilayah Kodam III/Slw yang meliputi Provinsi Jawa Barat dan Banten, secara keseluruhan mencapai 100 persen. 


Lebih jauh Kapendam mengatakan, upacara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0611/Garut dilksanakan di Desa Ciwangi Kecamatan Limbangan Kabupaten Garut dipimpin Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko selaku Irup. 


Upacara penutupan TMMD ditandai dengan penandatanganan Naskah Berita Acara hasil program TMMD yang selanjutnya diserahkan oleh Kasdam III/Slw selaku Irup kepada Wakil Bupati Garut, penanggalan tanda peserta dan pernyataan penutupan.

 

Kapendam menambahkan, dalam kesempatan itu, Kasdam membacakan amanat tertulis Kasad yang diantaranya menyampaikan bahwa, program TMMD Ke-114 TA 2022 yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia,  telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, pembukaan jalan, pengaspalan, dan pengecoran jalan, pembuatan jembatan, pembangunan Rutilahu, rehab Masjid dan Madrasah, serta sasaran tambahan lainnya berupa pembuatan Posyandu, PAUD dan Pos Kamling.


Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik, berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Wasbang, Bela Negara, Kamtibmas serta penyuluhan Kesehatan, Penularan Covid-19, Stunting, Posyandu dan Posbindu, serta Penyakit tidak menular. Kegiatan tersebut dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan.


Kasad berpesan agar tetap memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini.


Selain itu pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Kepada para Dansatgas TMMD ke-114 Kasad menekankan agar melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. 


Seusai upacara penutupan dilanjutkan peninjauan pasar amal, pengobatan massal, pembagian sembako dan peninjauan hasil TMMD.

#Yatiman,sumber : (Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved