Kamis, 08 September 2022

Berbekal Lima Kemampuan Teritorial Babinsa Siap Mengemban Peranan di Wilayah Desa Binaan

Berbekal  Lima Kemampuan Teritorial Babinsa Siap Mengemban Peranan di Wilayah Desa Binaan


MAJALAHCEO.COM,BANDUNG,-| Belum lama ini Sertu Ade Kosasih Babinsa Kel.Cigending wilayah Koramil 1811 Ujung Berung Kodim 0618 Kota Bandung ramai di muat di media online dalam kegiatan tugasnya yang berhasil mengungkap peredaran obat obatan ilegal berkedok styrofoam,(07/9/2022).


Saat di temui di Koramil 1811 Ujungberung Sertu Ade Kosasih mengatakan kepada wartawan media majalahceo.com bahwa keberhasilannya mengungkap predaran obat obatan ilegal yang berkedok styrofoam tersebut berkat adanya laporan masyarakat.

Peredaran obat obatan seperti Tramadol dan Xcimer di Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung ,Kota Bandung pada Kamis 28 Juli lalu berkat kepercayaan masyarakat terhadap kami selaku pembina desa.

Karena kami Babinsa di wilayah tugas benar benar harus mengimplementasikan lima kemampuan teriorial kami yaitu mulai dari kemampuan temu cepat, laporcepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat hingga komunikasi sosial.

Menurutnya lima kemampuan tersebut harus dimiliki dan diterapkan di lapangan oleh Babinsa agar tugas Babinsa selaku ujung tombak serta mata dan telinganya TNI bisa menjalankan tugas nya dengan maksimal terutama dalam mendukung program pemerintah dan manunggal bersama rakyat di wilayah hingga ke tingkat desa melalui peranan Babinsa.


Sesuai arahan dan petunjuk pimpinan atas untuk manunggal bersama rakyat untuk bersama sama dan bekerjasama, bergotong royong dalam melaksanakan tugas yang menjadi sebuah kegiatan yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh dedikasi.


Babinsa bersentuhan langsung dengan warga masyarakat dalam mendukung program pemerintah agar bisa maksimal tersampaikan, seperti halnya Kodim 0618 Kota Bandung memiliki wilayah  perkotaan dengan warganya yang beragam perbedaan mulai dari agama , suku hingga bahasa tentunya wilayah membutuhkan peranan Babinsa.



Untuk menjangkau langsung masyarakatnya dan mewujudkan peran TNI, TNI terus berupaya lebih mendekatkan diri dan lebih humanis ke masyarakat. Di sinilah peran Babinsa di wilayah sangat diperlukan di mana Babinsa harus menguasai wilayahnya dan memahami warganya.


Kegiatan pembinaan di lingkup desa memiliki peranan sangat penting, TNI masa kini selain dituntut untuk mahir dan jago perang juga harus bisa mengambil simpati dan hati masyarakat melalui berbagai kegiatan di wilayah tugas. Karena Babinsa inilah ujung tombaknya TNI yang selama ini berjuang untuk membina warganya. 



Bahkan TNI di saat ini harus mampu untuk menghadapi tantangan masa depan Kodim 0618 Kota Bandung melalui Babinsanya di wilayah untuk diarahkan melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin.


Seperti Sertu Ade Kosasih Babinsa Kel. Cigending Koramil 1811 /Ujungberung Kodim 0618 Kota Bandung Kodam III Siliwangi mengemban amanah dalam menjaga instutusi agar marwah TNI di masyarakat bisa melekat " Silih Asih, Silih Asuh dan Silih Asah, bersinergi bersama instansi terkait mulai dari pemerintah desa hingga kepolisian agar program pemerintah bisa tersampaikan langsung ke masyarakat.

Seperti diawal masa pandemi Covid 19 Babinsa turun langsung memberikan himbauan dan woro woro serta himbauan protokol kesehatan dan penggunaan masker, pelaksanaan PPKM, vaksinasi hingga pemberian bantuan bagi warga masyarakat yg terdampak. Bahkan bukan itu saja Babinsa juga turut serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah.


Babinsa juga harus bisa membina warganya di tengah kondisi ekonomi yang sempat terdampak Covid agar bisa menjadi warga yang sehat, mandiri dan unggul pasca pandemi Covid -19 yang melanda dunia termasuk indonesia. Babinsa juga harus bisa berbaur dengan masyarakat binaannya untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dasar negaranya Pancasila berikut nilai nilai yang terkandung di dalamnya.


Babinsa dengan 5 kemampuan teritorial yang dimilikinya harus mampu mengenali wilayah dan masyarakatnya serta mencarikan solusi awal dari satu permasalahan yang terjadi bahkan melalui komsos berbagai kegiatan menjadi sebuah kedekatan antara Babinsa dengan warga binaannya

#Yatiman**

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved