Selasa, 13 September 2022

Lomba Sat Kamling Kembali Digelar Polres Kebumen, Warga Prasutan Berhasil Menangkap Pelaku Pencurian saat Ronda

Lomba Sat Kamling Kembali Digelar Polres Kebumen, Warga Prasutan Berhasil Menangkap Pelaku Pencurian saat Ronda


MAJALAHCEO.COM,POLRES KEBUMEN,---Lomba Sat Kamling tingkat Polres kembali digelar Sat Binmas Polres Kebumen. Pemenang akan mewakili lomba di tingkat Polda Jateng, untuk tahun anggaran 2023.


Lomba yang diikuti sedikitnya 6 Pos Sat Kamling dari perwakilan Rayonisasi Polsek (timur, tengah dan barat) dimulai pada hari Senin 12 September 2022 malam.


Hari pertama perlombaan, dilaksanakan di Sat Kamling Desa Balingasal, Kecamatan Padureso dan Sat Kamling Desa Prasutan, Kecamatan Ambal dilakukan penilaian oleh para juri.


Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, lomba Sat Kamling dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat saat melaksanakan ronda malam di tiap-tiap desa sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas. 


"Ada beberapa kriteria penilaian. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam antisipasi gangguan kamtibmas," jelas Aiptu Catur.


Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Marheni mengungkapkan, penilaian meliputi kelengkapan Pos serta peragaan dalam menangani gangguan kamtibmas ataupun bencana alam.


"Bagaimana kelengkapan Pos nya, peragaan menangani sebuah masalah saat ronda juga dilakukan penilaian. Ini sekaligus sebagai wawasan warga, agar mengetahui apa yang dilakukan jika terjadi persoalan saat ronda malam," timpa AKP Marheni. 


Camat Ambal Bambang Budi Sanyoto saat menghadiri lomba Sat Kamling di Desa Prasutan menyambut positif kegiatan dari Sat Binmas. 


Menurutnya bukan juara yang dicari, namun lebih ke pengalaman. Selnjutnya, evaluasi juga menjadi penting dalam lomba ini agar desa-desa mengetahui untuk berbuat apa saat menangani masalah. 


"Yang paling penting bagaimana pelaksanaan Sat Kamling di tiap-tiap desa. Lomba ini bisa menjadi acuan, bagaimana kita menciptakan situasi yang kondusif, bersinergi dengan instansi terkait (TNI/POLRI)," katanya. 


Lomba Sat Kamling merupakan agenda rutin dalam setiap tahunnya dari Sat Binmas.


Pada Sat Kamling Desa Prasutan, warga setempat memperagakan bagaimana melakukan ronda malam yang dimulai dari pengecekan petugas jaga, arahan kepala jaga, patroli perkampungan, menangani kasus pencurian selanjutnya melaporkan ke Polsek, serta bagaimana memadamkan kebakaran.



(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved