Minggu, 04 September 2022

Pernyataan Sikap Federasi Serikat Buruh Militan ( SEBUMI ) atas Kenaikan Harga BBM

Pernyataan Sikap Federasi Serikat Buruh Militan ( SEBUMI ) atas Kenaikan Harga BBM

 


MAJALAHCEO.COM | Di tengah himpitan beban hidup yang semakin berat dirasakan oleh masyarakat, selepas siang tadi tiba-tiba pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM. Seperti biasa, pemerintah berdalih kenaikan ini adalah akibat subsidi BBM yang tidak tepat sasaran dan mengalihkan subsidi menjadi bantuan langsung tunai (yang ujung-ujungnya tidak tepat sasaran dan rawan dikorupsi).


Apapun dalihnya, kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM ini adalah wujud nyata dari ketidakberpihakan pemerintah terhadap ekonomi rakyat yang semakin terpuruk dihantam pandemi dan resesi ekonomi. Pemerintah juga luput untuk memahami bahwa kenaikan harga BBM ini akan 

berdampak luas. Dampak terparahnya akan dirasakan oleh masyarakat yang termajinalkan (buruh, petani, nelayan, dan kaum miskin). Dampak ini tidak akan teratasi dengan kebijakan bantuan langsung tunai yang ibarat setetes air di keringnya gurun Sahara.


Penurunan daya beli masyarakat akibat kenaikan harga BBM akan sangat berdampak besar pada kehidupan rakyat. Daya beli masyarakat adalah potret dari kesejahteraan masyarakat. Jika daya beli menurun maka, rakyat miskin akan semakin jatuh semakin miskin yang sulit digambarkan. Sektor 

perdagangan disekitar tempat tinggal juga akan terpuruk akibat tidak tumbuhnya daya beli masyarakat.


Per tahun 2022 saja upah buruh dan pendapatan masyarakat kecil semakin tidak berdaya di hadapan harga-harga kebutuhan hidup, apalagi jika ditambah dengan beban kenaikan harga BBM yang sudah pasti akan semakin meroketkan harga-harga kebutuhan pokok dan biaya hidup lainnya. 


Pemerintah melalui kementerian terkait juga sudah mengambil ancang-ancang untuk meminalisir kenaikan upah buruh di tahun depan. Betapa suram gambaran kehidupan buruh dan masyarakat kecil yang ada di hadapan kita.


Menyikapi hal-hal di atas, maka Federasi Serikat Buruh Militan menyerukan tuntutan 

kenaikan upah sebesar 100% di semua sektor, provinsi, kota dan daerah. Tuntutan ini adalah 

konsekuensi logis demi penyelamatan ekonomi kaum buruh dan masyarakat kecil lainnya yang paling terdampak akibat efek domino dari kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.


Jakarta, 3 September 2022


FEDERASI SEBUMI

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved