Rabu, 21 September 2022

Tanggap Bencana, Ratusan Personel Gabungan Ikuti Pelatihan SAR Polres Sukoharjo

Tanggap Bencana, Ratusan Personel Gabungan Ikuti Pelatihan SAR Polres Sukoharjo

 



MAJALAHCEO.COM,SUKOHARJO,---- Ratusan personel gabungan dari instansi terkait mengikuti pelatihan penanggulangan bencana / SAR (search and rescue) yang digelar Polres Sukoharjo di Waduk Mulur, Bendosari, Rabu (21/9/2022).


Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, pelatihan SAR gabungan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengatasi ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat terkait bencana alam.


“Kita tahu menjelang musim penghujan, banyak tempat-tempat di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang berpotensi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan yang lainnya. Untuk itu pelatihan ini bertujuan untuk melatih kembali kemampuan dalam tanggap bencana,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres meminta anggotanya memahami prosedur penanganan bencana alam dan membantu korban bencana alam.


“Kegiatan kali ini untuk membekali anggota dalam teknik penanggulangan bencana. Mereka harus siap saat diminta membantu saat bencana, minimal paham,” jelasnya.


Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, pelatihan itu diikuti oleh 150 personel gabungan, diantaranya anggota Polres Sukoharjo, Kodim 0726, BPBD, Satpol PP, Damkar, Senkom, mahasiswa UMS dan Univet, serta relawan lainnya.


“Pelatihan ini diikuti sekitar 150 personel gabungan, pelatihan tersebut meliputi SAR darat (Pemotongan kayu dan baja serta pemadaman kebakaran) dan SAR air (Cara membalik perahu, cara mendayung perahu dan  cara menolong korban tenggelam), serta pengenalan terhadap jenis dan cara penanggulangan bencana,” ungkapnya.


“Harapannya dengan pelatihan ini kita memiliki kemampuan SAR yang baik, dapat membantu masyarakat mengurangi fatalitas, mengurangi jumlah korban, baik jiwa maupun harta benda,” tandas Kapolres.


Sementara itu, Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, menambahkan bahwa pihaknya menerjunkan dua regu anggotanya untuk mengikuti pelatihan SAR yang digelar Polres Sukoharjo. 


“Harapannya dengan pelatihan gabungan ini kita bisa tanggap bencana. Sehingga nanti jika terjadi bencana yang tidak tau kapan, personel sudah tau akan bagaimana dan akan berbuat apa,” ungkapnya.





(Jun/Sumber Humas Polres Sukoharjo)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved