Selasa, 14 Maret 2023

Gunung Merapi Naik Level III, Kodam IV/Diponegoro Pastikan Prajurit Siap Siaga

Gunung Merapi Naik Level III, Kodam IV/Diponegoro Pastikan Prajurit Siap Siaga


MAJALAHCEO.COM,SEMARANG---- Sebagai upaya mengantisipasi dampak erupsi gunung Merapi Kodam IV/Diponegoro menyiagakan prajurit sebanyak 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) dari Kodim 0732/Sleman. Selain itu personel di seluruh Koramil jajaran Kodim 0732/Sleman juga disiapkan untuk pemantauan dan segala jenis kegiatan lainnya yang diperlukan dalam penanganan menyusul terjadinya peningkatan level III atau siaga terutama pada 4 Koramil yang terdampak langsung yaitu Koramil 01/Cangkringan, Koramil 02/Pakem, Koramil 03/Turi dan Koramil 04/Tempel. 


Berdasarkan Informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BBPTKG) Yogyakarta telah terjadi peningkatan aktivitas gunung Merapi berupa keluarnya awan panas pada 14 Maret 2023 pukul 05.59 WIB ke arah Kali Krasak. 


Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, S.I.P. pada Selasa (14/3/2023) mengungkapkan bahwa prajurit Kodam IV/Diponegoro terus bersinergi dengan jajaran Polri, Pemerintah Daerah, BPBD DIY, unsur SAR serta relawan di wilayah Yogyakarta sebagai langkah antisipasi jika setiap saat terjadi kedaruratan bencana alam akibat erupsi gunung Merapi.


“Untuk mengurangi dampak dari letusan gunung Merapi, para petugas telah melakukan kegiatan preventif berupa pemantauan aktivitas gunung Merapi selama 24 jam, melakukan tindakan tanggap darurat, dan membuat Peta Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi.


Sementara itu Dandim 0732/Sleman menghimbau masyarakat untuk tenang dan tetap waspada terutama yang berada di radius 7 Km dari puncak merapi untuk segera turun dan menjauhi daerah bahaya (jarak 7 Km dari puncak gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak). 


"Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 Km. Pada sektor tenggara meliputi sungai Woro sejauh maksimal 3 Km dan sungai Gendol 5 Km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 Km dari puncak," imbuhnya.


Sesuai dengan surat Kepala Balai TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) nomor PG. 04 /BTNGM/TU/Ren/03/2023 yang diterbitkan Minggu 12 Maret 2023 seluruh obyek wisata di wilayah Kapanewon Cangkringan, Pakem, Turi dan Tempel sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dan masyarakat di 4 wilayah tersebut belum ada yang mengungsi, Kerugian Jiwa pada peristiwa erupsi gunung Merapi dari hari Sabtu tanggal 11 Maret 2023 sampai dengan hari Senin tanggal 14 Maret 2023 nihil dan kerugian harta benda serta materiil yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III masih dalam pendataan. 



(Jun/Sumber Pendam IV/Diponegoro)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved