Rabu, 01 Maret 2023

Kapolres Sukoharjo Turut Meriahkan HPN 2023 dengan Menjadi Lakon Ketoprak

Kapolres Sukoharjo Turut Meriahkan HPN 2023 dengan Menjadi Lakon Ketoprak


MAJALAHCEO. COM,SUKOHARJO---- Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, ikut memeriahkan Hari Pers Nasional yang digelar dalam acara pentas budaya ketoprak dengan lakon “Panji Ngengleng”, di Auditorium RRI Surakarta, Selasa (28/2/2023) malam.


Pentas budaya ketoprak tersebut digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, yang berkolaborasi dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta.


Menurut Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul, dipilihnya pementasan seni tradisi yakni ketoprak untuk menunjukkan bahwa para wartawan khususnya Surakarta peduli dengan budaya dan seni tradisi.



“Nguri-nguri (merawat) seni budaya tradisional adalah tanggung jawab bersama, termasuk wartawan. Kami bukan hanya menulis tetapi juga mencoba beraksi secara langsung membuat pementasan seni tradisi. Bahkan sejumlah wartawan turut ambil peran sebagai pemain dalam pentas ini,” katanya.


Tak hanya wartawan yang memainkan peran tokoh dalam pementasan ketoprak ini. Melainkan juga bintang tamu dari kalangan pejabat, tokoh masyarakat, Kapolres, rektor hingga wakil rakyat dari DPR RI. Mereka akan berkolaborasi dengan wartawan, seniman RRI, seniman dalam pementasan kali ini.


Mereka yang mengikuti pentas diantaranya, anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Wakil Rektor UMS Prof Harun Joko Prayitno, Kepala Stasiun RRI Surakarta Atik Hindari, Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul dan Ketua Umum KONI Surakarta Lilik Kusnandar.


Menanggapi acara tersebut, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengapresiasi PWI Surakarta yang memilih pentas seni ketoprak dalam memperingati Hari Pers Nasional tahun 2023.


Menurutnya, seni budaya memang seharusnya dilestarikan. Karena melestarikan seni budaya daerah berarti turut mendukung pengembangan kesenian dan kebudayaan Negara dan Bangsa Indonesia.


“Bahkan kesenian ketoprak ini juga bisa digunakan sebagai pemolisian komunitas, yaitu sarana untuk menyampaikan pesan-pesan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.


“Untuk itu, disini kami selaku Kapolres Sukoharjo turut mengapresiasi dan mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional. Semoga rekan-rekan media senantiasa diberikan kelancaran dalam bertugas dan sukses selalu,” tandas Kapolres.


Pada acara itu, Kapolres Sukoharjo juga mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, sebagai tokoh inspiratif (Pemimpin dan Mitra Informatif).



(Jun/Sumber Humas Polres Sukoharjo)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved