Sabtu, 06 Mei 2023

Anggota Satgas Pamtas Yonarmed 5 Pancagiri Gerak Cepat Padamkan Rumah Warga yang Kebakaran

Anggota Satgas Pamtas Yonarmed 5 Pancagiri Gerak Cepat Padamkan Rumah Warga yang Kebakaran


MAJALAHCEO.COM, Mahakam Ulu – Personel Satgas Pamtas Yonarmed 5 Pancagiri bergerak cepat   padamkan dan evakuasi rumah warga yang terkena musibah kebakaran. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi di Kampung Batumajang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur.


Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5 Pancagiri Letkol Arm Yan Octa Rombenanta, S.Sos dalam rilis tertulisnya di Makotis Malinau Kabupaten Malinau. Sabtu (6/05/2023).


“Berkat gerak cepat anggota Satgas Pamtas dengan rekan-rekan Polri serta bantuan masyarakat yang sangat luar biasa, kebakaran bisa dikendalikan sehingga tidak sampai meluas ke rumah yang lain,” ujar Dansatgas.


Kebakaran tersebut menimpa rumah Ibu Nursiah (48) dan Rumah Bpk Yadi (55) yang diduga terjadi akibat hubungan arus pendek listrik pada instalasi kabel yang tersembunyi di atas plafon rumah Ibu Nursiah(48) dan dengan cepat melahap rumah warga yang terbuat dari kayu.



Api diketahui muncul sekitar pukul 16.00 WITA oleh anak pemilik rumah sekaligus saksi bernama Nurkholis (23). Pada saat bersamaan melintas anggota Satgas Pamtas Pratu Mihsonudin dan Prada Rifanol yang baru selesai dari Anjangsana dirumah warga melihat kepulan asap di sekitaran RT 07. Melihat kepulan asap tersebut Prada Rifanol menghubungi Danki Satgas Pamtas Kapten Arm Dhestya untuk melaporkan kejadian tersebut.


Kemudian Pada Pukul 16.10 WITA Danki melaporkan kejadian tersebut kepada Dansatgas Pamtas kemudian memerintahkan seluruh anggota Pos Long Bagun segera merapat ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan kebakaran tersebut dengan warga. Kemudian Danki menghubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di kampung tersebut dan menghubungi Polres dan Instasi terkait untuk meminta bantuan.


Tak berselang lama pada pukul 16.30 WITA datang Personel dari Polres, Satpol PP, BPBD dan Petugas Pemadam kebakaran Mahakam Ulu di lokasi kebakaran dan langsung bergegas untuk memadamkan kebakaran bersama dengan masyarakat. 


Dansatgas berterima kasih kepada Seluruh personel Satgas Pamtas Pos Long Bagun yang telah cepat dan sigap bersama masyarakat membantu proses pemadaman. 

Dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 (delapan) wajib TNI, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasinya. Poin terakhir 8 (delapan) wajib TNI yang berbunyi, "menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya". Dengan demikian, sikap tanggap tersebut adalah salah satu wujud nyata membantu kesulitan masyarakat. Ujarnya


Api berhasil dipadamkan pada pukul 17.30 WITA, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

#Yatiman ***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved