Sabtu, 09 April 2022

Elektabilitas Pasangan Anies - AHY Unggul Lewat Lembaga Survai SMRC ,Duet Pilpres 2024 yang Mendatang

Elektabilitas Pasangan Anies - AHY Unggul Lewat Lembaga Survai SMRC ,Duet Pilpres 2024 yang Mendatang

 


MAJALAHCEO.COM |Lembaga Survai Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis survai terbaru pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024.


Hasil survai yang dilakukan SMRC pada maret 2022 menunjukkan bahwa duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang menangkan pilpres di 2024 mendatang.



Duet tersebut berdasarkan simulasi 3 pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Hasil survai menunjukkan pasangan  Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara. Ganjar-Airlangga 28,5 persen. Prabowo-Puan 27,5 persen. Meskipun masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan.


Survai simulasi pasangan capres-cawapres itu digelar SMRC pada 13-20 maret 2022 melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat berusia 17 tahun atau lebih. Survai melibatkan 1220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. Dengan margin of error survei ini +- 3,12 persen.


Menyikapi hal tersebut, Partai Demokrat menyambut positif duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disimulasikan oleh hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC).


Menurut Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Kamhar Lakumani, Anies-AHY adalah pasangan yang ideal untuk Pilpres.


"Ini memang menjadi pasangan ideal yang saling melengkapi. Keduanya memiliki rekam jejak yang membanggakan dan prestasi di atas rata-rata," kata Kamhar dalam keterangannya, Jumat (8/4/2022). Dilansir dari kompas.com


Ia menambahkan, dari hasil itu diketahui bahwa Anies-AHY adalah pasangan yang paling dikehendaki dan diinginkan masyarakat dalam Pilpres 2024.


Kamhar kemudian menjelaskan kelebihan kedua sosok tersebut. Keduanya diklaim memiliki prestasi di atas rata-rata.


"Sama-sama cerdas dan berintegritas," klaim Kamhar.


Menurut pendapat Kamhar, Anies telah teruji memimpin dan membawa Jakarta menjadi kota modern kelas dunia, manusiawi dan beradab.


Sementara, AHY juga telah teruji kepemimpinannya di Partai Demokrat.

Kamhar mengatakan, AHY berhasil membawa Demokrat keluar dari terpaan krisis dalam bentuk upaya gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) setahun lalu.


"Serta berhasil merebut hati dan pikiran rakyat melalui konsistensi sikap politik melakukan advokasi kebijakan sebagai partai oposisi," ucapnya.


Ia mengeklaim, duet Anies-AHY menunjukkan pasangan sipil-militer yang intelektual, prodemokrasi dan menjunjung tinggi agenda reformasi.


Menurut Kamhar, keduanya juga dinilai bisa menjaga dan menahan diri dari menerabas pembatasan kekuasaan.


"Hasil survei ini tentunya menjadi perhatian tersendiri," pungkasnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved