Minggu, 10 Juli 2022

Kebersamaan Warga Dusun Bunu Menjalan Ibadah Qurban

Kebersamaan Warga Dusun Bunu Menjalan Ibadah Qurban



Warga Dusun Bunu Desa Bubun Lamba Kecamatan Anggareja Kabupaten Enrekang sembelih 17 ekor hewan qurban (sapi) pada hari Idul Adha 1443 H /2022 M untuk dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa dan warga kurang mampu Dusun Bunu maupun di sekitar Dusun tersebut,Sabtu 9/7/2022.

Penanggungjawab pendistribusian dan pembagian hewan Qurban Dusun Bunu Syafruddin, yang juga dikenal sebagai Imam Mesjid bersama Andi Nasruddin menyatakan masyarakat Dusun Bunu menyembelih  17  Ekor Sapi Tahun ini.

Menurut Syafruddin masyarakat Bunu semangat menjalankan ibadah Qurban .Yang mana merupakan perintah berkurban sesuai dengan hadis Rasulullah Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat ‘id kami. (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah)kutipnya.

Ditambahkan, Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk mendapat reski,urainya .

Kegiatan pemotongan/penyembelihan hewan Qurban secara bersama oleh Warga Dusun Bunu merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap Idul Adha . Kendati demikian pelaksanaan pemotongan hewan Qurban (sapi) di gelar esok harinya .

Walaupun masyarakat Bunu yang berpenduduk kurang lebih 500 jiwa telah melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Nurul Muthahidah Bunu pada Sabtu, 9/7/2022.

“Pemotongan Hewan secara bersama sudah berjalan puluhan tahun,” ungkap Imam Mesjid Syafruddin Kade disela – sela pemotongan/penyembelihan hewan qurban di Dusun Bunu

Daging qurban ini  berjumlah 424   kantong kresek untuk dibagikan kepada masyarakat kaum dhuafa dan kurang mampu yang ada di dusun ini. “Kami bagi juga ke masyarakat sekitar yang tidak mampu untuk kerabat dari luar Dusun Bunu yang berhak mendapatkannya ” jelas Syafruddin.

Panitia Qurban menyatakan pemotongan Sapi hingga pembagian daging tersebut ini berjalan lancar ,ini berkat kerja sama masyarakat yang di tonjolkan dalam budaya gotong royong.

“Harapannya bermanfaat buat penyumbang hewan Qurban dan masyarakat Dusun Bunu beserta jamaah Masjid Nurul Muthahidah. Kedepannya, Insya Allah semua peserta/penyumbang hewan qurban dilipatgandakan rezekinya dan diberi kesehatan,” tukas Syafruddin. (atta)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved