Kamis, 11 Agustus 2022

IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur Gelar Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka

IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur Gelar Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka


MAJALAHCEO.COM,Cianjur, – Sebanyak 125 para Pendidik Taman Kanak-Kanak yang tergabung dalam organisasi Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI)-PGRI se-Kabupaten Cianjur menggelar Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Implementasi Kurikulum Merdeka, dilaksanakan di GGI Jalan Aria Cikondang No.14 Cianjur, Jawa Barat.


Kegiatan pendidikan dan latihan tersebut berlangsung selam tiga hari dimulai sejak tanggal 9 hingga 11 Agustus 2022 di hari pertama dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Cianjur Akib Ibrahim, S.Pd., M.M., sedangkan hari pertama diantaranya materi Kebijakan, pembelajaran para digma baru, dan perencanaan berbasis data.



Sementara di hari kedua pada 10 Agustus kegiatan dilaksanakan bertempat di ruang kelas milik Yayasan PKBM Al-Faidah di Jalan Raya Rawa Bango Cianjur, para pendidik menerima materi memahami enam dimensi profil pelajar pancasila, penyusunan KOS bagian 1: analisis karakteristik satuan pendidikan visi, misi, tujuan satuan pendidikan, penyusunan KOS bagian 2: pengorganisasian pembelajaran di satuan pendidikan, dan memahami muatan KOS (capaian pembelajaran) serta merumuskan muatan kurikulum.


Kemudian di hari terakhir pada 11 Agustus 2022 pelaksanaan pendidikan dan latihan para pendidik menerima materi perancangan pembelajaran bagian 1: menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan mencari referensi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), perencanaan pembelajaran bagian 2: yaitu merancang modul ajar dan mempresentasikan modul ajar, dan pengenalan pelatporm teknologi prioritas.


Salah satu peserta pendidikan dan latihan implementasi kurikulum merdeka yang juga tergabung dalam organisasi IGTKI-PGRI Kabupaten Cianjur, ia sebagai Guru Kelas TK Nirwana Cendikia Gekbrong Cianjur Evi Susanti, saat di temui seusai penutupan di halaman depan Yayasan PKBM Al-Faidah dirinya merasa bangga dapat mengikuti kegiatan tersebut.


“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, selain menambah ilmu juga sebagai ajang silaturahmi dengan rekan-rekan seperjuangan dari berbagai PC se-Kabupaten Cianjur bersama-sama belajar untuk membedah kurikulum merdeka serta profil pelajar pancasila,” ujar Evi Susanti, Kamis (11/8/2022) siang.


Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua IGTKI Kabupaten Cianjur Bunda Imas Susanti, S.Pd., M.Pd., dan kepada semua pemateri yang telah mentranfer ilmunya, tukasnya.

#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved