Kamis, 11 Agustus 2022

Sat Samapta Mengikuti Latihan 12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas, Berikut Tujuannya

Sat Samapta Mengikuti Latihan 12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas, Berikut Tujuannya


MAJALAHCEO. COM,POLRES KEBUMEN---- Sempat dilakukan pembelajaran secara Daring, kini para pelajar se Kebumen sudah bisa kembali belajar secara tatap muka 100 persen setelah pandemi COVID-19.


Jika kita perhatikan bersama, arus lalu lintas yang sempat lengang kini kembali padat terutama saat jam berangkat sekolah.


Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, hasil pantaun terjadi beberapa penumpukan arus lalu lintas di titik rawan macet pada pukul 06.30 sampai  07.15 WIB setiap harinya.


Polres Kebumen menempatkan personel untuk melakukan pengaturan, antisipasi arus alu lintas yang adat dan membantu para pelajar menyebrang jalan.


Termasuk personel Sat Samapta juga diterjunkan untuk melakukan pengaturan lalu lintas pagi.


"Seluruh personel setiap pagi melakukan pengaturan lalu lintas. Termasuk Sat Samapta juga melakukan pengaturan lalu lintas," jelas Aiptu Catur, Rabu 10 Agustus 2022.


Selain menerjunkan untuk pengaturan lalu lintas, personel Sat Samapta juga rutin diberikan latihan 12 gerakan pengaturan lalu lintas agar semakin menguasai.


Latihan mulai dari bagaimana teknik meniup peluit, menghentikan arus lalu lintas, menjalankan, memperlambat, hingga aba-aba mempercepat arus lalu lintas. 


Pengaturan lalu lintas juga termasuk dalam manajemen lalu lintas yang bertujuan untuk keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.


Pentingnya aba-aba 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang disampaikan petugas memiliki tujuan agar arus lalu-lintas lebih tertib meski dalam volume padat. 


Sehingga, petugas pengaturan lalu lintas harus dapat menguasai dan mengendalikan arus lalu lintas agar lancar, serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. 


"Sehingga latihan ini menjadi penting, karena untuk mengingatkan kembali bagaimana cara bertindak serta memecahkan masalah jika terjadi kemacetan," katanya. 

#(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved