Selasa, 01 November 2022

Pembukaan Latma Camar Indopura 27/22 di Lanud Supadio.

Pembukaan Latma Camar Indopura 27/22 di Lanud Supadio.


MAJALAHCEO.COM,PONTIABAK,-Pangkalan TNI AU  Supadio menjadi tuan rumah latihan bersama TNI Angkatan Udara dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF)  dengan sandi Air Maneuver Exercise (AMX) Latma Camar Indopura 27/22, Selasa (1/11/2022).


Latihan bersama ini akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 31 Oktober 2022 hingga 4 November 2022 mendatang, melibatkan puluhan personel dari TNI AU dan RSAF, serta menggunakan alutsista satu pesawat Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin dan satu pesawat F-50 dari Skadron Udara 121 RSAF.



Latihan Bersama Camar Indopura 27/22 dibuka secara resmi oleh Komandan Wing 5, Kolonel Pnb David Ali Hamzah selaku Dirlat (Direktur Latihan) TNI AU didampingi Dirlat RSAF Colonel Peter Chiam bertempat di Wing 7 Lanud Supadio.


Pada upacara pembukaan Latma Indopura 27/22, Dirlat TNI AU Kolonel Pnb David Ali Hamzah  mengatakan, bahwa di samping bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme antara kedua Angkatan Udara, latihan bersama ini juga menjadi ajang penting untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara yang terlibat yaitu Indonesia dan Singapura.



“Utamakan safety dalam pelaksanaan latihan, sehingga seluruh rangkaian dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan selamat hingga berakhirnya latihan ini, Ujar Danwing 5.


"Selama berlangsungnya latihan bersama, tentunya secara bertahap akan saling mengenal satu sama lainnya sehingga kita dapat membahas secara komprehensif mengenai pelibatan dan tugas masing-masing," Ungkapnya.



Latihan ini tentunya juga memberikan manfaat yang besar bagi kedua Angkatan Udara, diantaranya pertukaran pengetahuan, peningkatan kemampuan, profesionalitas dan kerjasama.


Sementara itu, Dirlat RSAF Colonel Peter Chiam mengucapkan terima kasih kepada  Komandan Lanud Supadio sebagai tuan rumah pelaksanaan Latihan Bersama ini.


"Dengan latihan bersama ini, kita dapat membangun dan meningkatkan hubungan yang baik antara TNI AU dengan RSAF dan saya sepakat dalam latihan ini bahwa faktor safety adalah prioritas utama," kata Colonel Peter Chiam.


Latma Camar Indopura merupakan latihan bersama rutin antara TNI AU dan RSAF dalam bidang operasi udara guna meningkatkan kerjasama dalam pengamanan wilayah laut kedua negara dengan menggunakan pesawat patroli udara maritim.

#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved