Rabu, 30 November 2022

Polres Sukoharjo Siagakan Ratusan Personel untuk Pengamanan Pilkades Serentak 8 Desember 2022

Polres Sukoharjo Siagakan Ratusan Personel untuk Pengamanan Pilkades Serentak 8 Desember 2022


MAJALAHCEO COM,SUKOHARJO
----– Bupati Sukoharjo Etik Suryani bersama Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi, memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak se Kabupaten Sukoharjo di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, Rabu (30/11/2022). 


Bupati mengatakan, kerawanan yang mungkin akan timbul saat Pilkades harus dapat diantisipasi oleh semua pihak dengan bekerja sama dan bersinergi dengan baik. Pilkades yang digelar 6 tahun sekali ini, merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya Pemerintahan Desa yang demokratis.


“Pilkades direncanakan digelar pada tanggal 8 Desember 2022 dan dilaksanakan di 13 desa di delapan kecamatan,” terang Bupati.



Menurutnya, diperlukan langkah pengamanan yang nyata untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menambah rasa percaya diri masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara langsung, jujur dan rahasia.


Bupati juga mengatakan TNI dan Polri memperkuat soliditas dan sinergitas guna mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai, perlunya menjaga netralitas TNI dan Polri serta menghindari tindakan yang dapat menciderai netralitas TNI dan Polri dalam menyelenggarakan setiap tahapan Pilkades.


Sedangkan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan bahwa untuk pengamanan Pilkades nanti akan berkolaborasi bersama TNI dan juga Linmas. Nantinya, dimasing-masing TPS akan ditempatkan petugas gabungan TNI/Polri dan Linmas untuk memberi pengamanan.


Kapolres menambahkan bahwa rayonisasi pengamanan dibagi dalam tiga wilayah, yakni wilayah utara meliputi Kecamatan Baki, dan Kartasura, wilayah tengah Kecamatan Mojolaban, Polokarto, dan Bendosari, dan sektor selatan meliputi Kecamatan Nguter, Bulu, dan Weru.


“Untuk personel dari TNI/Polri sekitar 500 orang dimana khusus Polri 350 personel. nanti masih dibantu Satpol PP dan juga Linmas,” ungkapnya.


Dalam pengamaman, lanjut Kapolres, semua wilayah diperlakukan sama dan nantinya masih didukung oleh personel cadangan yang mobile melakukan patroli memantau situasi.


(Jun/Sumber Humas Polres Sukoharjo)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved