Kamis, 01 Desember 2022

Alami Kecelakaan di Perairan Selat Bangka, Korban MV Serasi I Dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok

Alami Kecelakaan di Perairan Selat Bangka, Korban MV Serasi I Dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok


 


Bangka Belitung - Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 17 Crew MV Serasi I rute Patimban-Belawan yang mengalami kecelakaan di Perairan Selat Bangka, Kabupaten Bangka Selatan ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.


Untuk unsur yang terlibat saat ini dalam operasi SAR gabungan ini yakni Basarnas, TNI AL, POLAIRUD DIREKTORAT, KSOP, Polair Polres Bangka Barat, BPBD Bangka Barat, Fortynine Diving Club, KKP Muntok dan Puskesmas Muntok.


Dalam rilis yang diterima redaksi, Kamis (1/12/22) pagi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa S.H.,M,si menjelaskan 17 Crew MV Serasi I berhasil dievakuasi sekitar pukul 03.23 wib menggunakan KM Lotus dan dibawa menuju Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.


"Pada Pukul 03.23 wib korban MV Serasi 1 dievakuasi oleh KM Lotus dan dibawa menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok dengan estimasi waktu 14:00 WIB," ujarnya.


Dirinya menyebutkan sebelumnya, Command Center pada dini hari pukul 02.20 WIB menerima informasi dari Bapak Deo selaku Manager Operasional MV Serasi I bahwa pada pukul 01.09 WIB Capt MV Serasi I dengan rute Patimban - Belawan memberitahukan kapal sudah kemasukkan air.


"Selanjutnya Capten Kapal berencana akan mengkandaskan kapal tersebut dan pada pukul 01.28 WIB Capten Subur kembali menginformasikan bahwa kapal sudah posisi "nungging" serta crew sudah akan menyelamatkan diri dengan Lifecraft," sebutnya.


Mendapatkan Informasi itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan personil dari Unit Siaga SAR Muntok serta Kantor SAR Pangkalpinang menuju lokasi kejadian dengan koordinat 2°42,370’S 105°51,263’E tepatnya di Perairan Selat Bangka.


Dengan jumlah POB (Person On Board) yakni 17 orang dengan data sebagai berikut : 


Daftar Crew MV Serasi I Selamat sbb:

1. Capt Subur: Nakhoda

2. M.Aksa: Chief Officer

3. Asep Deding: Second Officer

4. Wahyudi: Third Officer

5. Salmon: KKM

6. Domago: Second Engineer

7. Wahyu Romadon: Third Engineer

8. Adriyan Feri: Fourth Engineer

9. Imran Adam: Bosun

10. Julianus: Juru Mudi

11. Bagas:  Juru Mudi 

12. Ilham: Juru Mudi 

13. Awal: Mandor 

14. Yohanis: Oiler

15. Bayu: Oiler

16. Sabar: Koki

17. Muhibut: Pelayan


Data Kapal sebagai berikut : 


- Nama Kapal : MV Serasi I

- Rute: Patimban - Belawan

- Jumlah Crew : 17 org

- Nakhoda : Capt Subur

- Bendera : Indonesia

- C/S : YDOJ

- IMO No : 8909123

- DWT : 2457 T

- Length Over All (LOA) : 107 Mtr

- Lebar : 18.30  Mtrs

- Draft : 16,6 Mtr

- Heigh : 30.20  Mtr


Sumber : Humas Kakansar Pangkalpinang.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved