Sabtu, 03 Desember 2022

Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT Dan RW Di Desa Cileunyi Wetan TA Dana Desa Tahun 2022 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Pelatihan Peningkatan  Kapasitas RT Dan RW   Di Desa Cileunyi Wetan   TA Dana Desa Tahun 2022  Kecamatan Cileunyi  Kabupaten Bandung


MAJALAH CEO.COM, - KAB.BANDUNG,-
Pemerintah Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, menggelar pelatihan dan peningkatan kapasitas ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (Rt/Rw) di GOR Desa Cileunyi Wetan, Sabtu (03/12/2022).

Dan pemberi pemateri pelatihan tersebut yang pertama 

Ginan Wibawa, S.H.I., S.H., M.H. ( TA Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Desa ).

Pemateri kedua

Ibu Desi Susanti, S.STP dari DPMD Provinsi Jabar.


Pelatihan dan peningkatan kapasitas ini diikuti 143 peserta yang terdiri dari 120 Ketua RT, 23 Ketua RW. Kegiatan ini dari anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022.



Kepala Desa Cileunyi Wetan mengatakan H. Hari Haryono, SH kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT & RW ini penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi ‘akar rumput’ yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” tuturnya kepada Majalah CEO.ll


Beliau mengungkapkan, tugas pungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.


“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai evaluasi para RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT/RW ini juga bertujuan agar Ketua RT dan RW tahu tugas dan pungsinya. 


Kegiatan ini sesuai dengan Perbub No 37 tahun 2019 agar program tersebut dapat tersampaikan kepada RT/RW, terutama dalam pengurusan atau pembentukan RT & RW jangan sampai salah tapsir.


Bapak Deden Sumpena, Ketua RW 08 Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, mengaku bangga adanya kegiatan pelatihan RT/RW ini sehingga merasa terbantu dan dapat menambah wawasan serta ilmu yang didapat di pelatihan ini.


“Jadi kita lebih mengetahui sejauh mana tupoksi RT/RW, diharapkan usai kegiatan ini kami dapat merealisasikannya di lingkungan untuk memberikan pelayanan secara administrasi terhadap warga masyarakat,” tuturnya.

#ASPA#

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved