Rabu, 21 Desember 2022

*Prajurit Kodam III/Siliwangi Berjibaku Bantu Bersihkan Puing Bangunan Akibat Gempa Cianjur*

*Prajurit Kodam III/Siliwangi Berjibaku Bantu Bersihkan Puing Bangunan Akibat Gempa Cianjur*



MAJAJALAHCEO.COM, CIANJUR,-Di Bawah Teriknya Panas dan Gelapnya Malam, Prajurit Kodam III/Siliwangi Bersihkan Puing Bangunan Roboh Akibat Gempa Cianjur.


Semua itu untuk membantu percepatan pembangunan kembali rumah warga yang terdampak gempa Cianjur, beberapa waktu lalu, Kodam III/Siliwangi membentuk Satgas pembersihan puing reruntuhan dalam rangka percepatan pemulihan di wilayah Kabupaten Cianjur, yang dipimpin langsung Dansatgas Kasiter Kasrem 061/Surya Kencana Kolonel Inf Heri Rustanto, serta Kazidam III/Siliwangi sebagai Wadan Satgas. Satgas tersebut melibatkan 470 prajurit Kodam III/Slw.


Sesuai arahan Presiden RI Ir Joko Widodo yang disampaikan langsung kepada Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo di Posko Gempa Cianjur, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (08/12/2022) tugas yang harus dikerjakan adalah pembersihan puing-puing bangunan.


Untuk memperlancar tugas yang diamanatkan, Satgas dibentuk dengan melibatkan ratusan personel Batalyon jajaran Kodam III/Siliwangi, yang dalam pelaksanaannya dikoordinir oleh Kazidam III/Slw Kolonel Czi Rielman Yudha Triananda.


“Satgas ini bertugas membersihkan puing-puing bangunan yang dimulai sejak hari Jum'at (9/12/2022),” jelas Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Selasa (20/12/2022). 


Adapun personel yang dilibatkan kata Kapendam lagi, diantaranya Yonzipur 3/YW dengan menurunkan 7 tim (51 personel), Yonif 315/Garuda dengan menurunkan 3 tim (30 personel) beserta tim Intel juga tim kesehatan, Yonif 310/KK dengan menurunkan 5 tim (51 personel), Yonkav 4 KC dengan menurunkan 5 tim (51 personel).


Selanjutnya Kapendam menjelaskan, Yonif Raider 300/Bjw dengan menurunkan 5 tim (51 personel), Yonzikon 13 dengan menurunkan 4 tim (33 personel), Yonzipur 9 Kostrad dengan menurunkan 5 tim (41 personel) Yon Ko 467 Kopasgat dengan menurunkan 5 tim (36 personel) serta Yonif 312/KH dengan menurunkan 9 tim (90 personel).


Lokasi yang menjadi sasaran utama pembersihan berada di Kecamatan Cugenang dan Kecamatan Cianjur, yang dalam pelaksanaannya pembersihan puing-puing mengerahkan puluhan alat berat, seperti excavator dan dump truck.


Alat berat yang digunakan adalah 12 eskavator, diantaranya 3 unit eskavator dari PT. PP yang dioperasikan untuk membantu pembersihan di Ds. Cibulakan Cugenang, Ds. Nagrak, Kec Cianjur dan Garogol Cibulakan. 3 unit eskavator dari United Traktor dioperasikan untuk membantu pembersihan di Cibulakan, Benjot dan Panumbangan pesantren. 

 

Kemudian 3 unit eskavator dari Adhi Karya yang dioperasikan untuk membantu pembersihan di Jl. Awilarangan, Ds. Benjot, Cugenang, SDN Kawung Gading, Cibulakan, Cugenang dan Panumbangan. Kemudian masing-masing 1 unit eskavator dari Hutama Karya, Waskita Karya dan Ninda karya dioperasikan untuk membantu pembersihan di Ds. Cibulakan, Kec. Cugenang.


Semetara itu,  Dump truck yang dioperasikan seluruhnya berjumlah 14 unit, terdiri  dari 7 unit Dump Truck dari PT. PP (tbk),  4 unit Dump Truck dari Wijaya Karya, 2 unit Dump Truck dari Adhi Karya dan 1 unit Dump Truck dari Waskita Karya.  Puing reruntuhan dibuang ke Ds. Cikamuning  Cianjur.


“Sebelum dilakukan pembongkaran dan pembersihan puing-puing, terlebih dahulu petugas meminta persetujan dari pemilik rumah yang dituangkan dalam surat pernyataan yang telah ditandatangani. Dalam proses pembersihan material dan puing-puing bangunan tersebut, dilakukan pada siang dan malam hari. Personel bekerja selektif dengan memilah material yang masih dapat dimanfaatkan,” urai Kapendam.


Ditegaskan lebih jauh, Para prajurit TNI yang terlibat sudah pasti di dalam dirinya dengan sepenuh hati siap mengabdi pada Ibu Pertiwi. Perjuangan serta pengorbanannya tak bisa dipandang sebelah mata. Ada air mata, tawa, dan momen menegangkan yang dilalui setiap prajurit TNI untuk melindungi tumpah darah Indonesia.  Suka maupun duka TNI hadir ditengah – tengah Masyarakat. 


Terpisah Ibu Lilis, salah satu korban gempa Cianjur mengucapkan terima kasih kepada Kodam III/Siliwangi  atas bantuannya dan pembersihan puing reruntuhan bisa segera diselesaikan.


“Alhamdulillah, terima kasih kepada Kodam III/Slw yang telah membantu kami, mempercepat pembersihkan puing-puing reruntuhan, semoga TNI tetap jaya,” ujarnya.

 (Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved