Jumat, 23 Desember 2022

Sidang Dewan Pendidikan dan Kurikulum TNI AD Tahun 2022 di Kodiklatad Bandung

Sidang Dewan Pendidikan dan Kurikulum TNI AD Tahun 2022 di Kodiklatad Bandung

 


MAJALAHCEO.COM, BANDUNG,-|Dalam rangka meningkatan produktivitas dan transformasi yang unggul serta tata kelola yang baik di lembaga pendidikan jajaran TNI AD menuju lembaga pendidikan berstandar nasional.


Komando Pendidikan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad) sebagai pembina pendidikan jajaran TNI AD pada hari Kamis 22 Desember 2022 menggelar Sidang Dewan Pendidikan di Gedung M. Toha Kodiklatad, Jl. Aceh, Bandung,Jumat(23/12/2022).


Forum Focus Group Discussion (FGD) yang di gelar di Kodiklatad dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, SE., M.M., di dampingi Dankodiklatad, Danpustrad serta para Pangdam dan Danpusdik serta Aspers Kasad, Paban 4/Bindik Spersad, Paban 1/Ren Spersad dan Paban 1/Renprogar Srenad.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Kasad membuka secara resmi  Sidang Dewan Pendidikan TNI AD, dengan tema "Membangun Sistem Pendidikan TNI AD Berstandar Nasional Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD Yang Unggul", 

TNI AD akan melakukan adaptasi Sistem Pendidikan sesuai tuntutan Era Globalisasi, agar terwujud kesetaraan Pendidikan.

Terkait hal itu, maka TNI AD melakukan Transformasi Kurikulum Pendidikan dan evaluasi secara menyeluruh terhadap Kurikulum di semua Pusat Pendidikan TNI AD.


Dalam paparanya yang berjudul Revitalisasi Pendidikan TNI AD di era Disrupsi, Kasad mengatakan bahwa era tersebut memiliki ciri Volatility atau sulit ditebak, uncertainty atau ketidakpastian, Complexity atau kompleksitas dan ambiguity atau ketidakjelasan. Maka TNI AD harus menyiapkan diri dan beradaptasi dalam melaksanakan tantangan tugas yang semakin komplek.

Terkait itu maka TNI AD  harus menyiapkan sumber daya manusia melalui penyesuaian terhadap pola pendidikannya. Penyesuaian tersebut diantaranya dengan melakukan perubahan pada budaya organisasi di lembaga pendidikan, pengembangan metode belajar serta peningkatan kualitas komponen pendidikan.


Lebih lanjut dikatakan Kasad, pendidikan merupakan proses yang tidak terputus yang dilakukan tidak hanya di lembaga pendidikan tetapi juga selama penugasan di satuan.

“Dengan dilakukannya inovasi, penyesuaian materi dan kurikulum pendidikan, prajurit tidak hanya memperoleh ilmu militer, tapi juga ilmu di luar ilmu militer yang akan menjadi bekal dalam bertugas. Dengan demikian diharapkan TNI AD semakin siap dan  adaptif melaksanakan tantangan tugas,” tegas Kasad.

Kasad mengatakan, Revolusi Industri di era 4.0 telah mendorong terciptanya era disrupsi yang ditandai dengan perubahan yang cepat, sehingga menjadikan penyelenggaraan pendidikan menghadapi kompleksitas tantangan yang semakin besar termasuk pendidikan di lingkungan TNI AD.

“Implikasi dari fenomena di atas mengharuskan pendidikan di lingkungan Angkatan Darat harus terus berbenah dan mereformasi diri sehingga mampu beradaptasi dan menjadi investasi bagi organisasi untuk dapat melaksanakan tugasnya dihadapkan pada perkembangan lingkungan yang semakin kompleks" tutur Kasad.


Untuk mereformasi pendidikan TNI AD terdapat beberapa sektor yang perlu menjadi perhatian antara lain perubahan budaya organisasi di lembaga pendidikan, pengembangan metode belajar, serta peningkatan kualitas komponen pendidikan,”kata Kasad.

Kasad mengharapkan kemampuan pemecahan masalah, berfikir kritis, kreatifitas, manajerial, serta kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan hal baru yang telah didapat dari proses belajar mengajar di lembaga pendidikan, harus juga dapat dikembangkan di satuan.

Diharapkan forum yang juga diisi dengan pemaparan materi oleh Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Dirdik Kodiklatad dapat mendorong seluruh personel lembaga pendidikan jajaran TNI AD untuk selalu menjalankan perubahan secara mandiri sehingga terbangun sistem pendidikan TNI AD berstandar nasional.

Sidang Wandik dihadiri oleh Dankodiklatad, Wadan Kodiklatad, Ir Kodiklatad, Wair Kodiklatad, Para Dir dan para Paban Jajaran Kodiklatad, Dan/Dir/Ka Balakpus TNI AD, para Pangkotama seluruh Indonesia, para Direktur Lemdikpus, para Danpusdik Jajaran Kodiklatad, para Danpusdik Balakpus TNI AD, para Direktur Balakpus TNI AD serta para Danrindam seluruh Kodam.(***).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved