Minggu, 15 Januari 2023

Zuristyo Firmadata BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN

Zuristyo Firmadata BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN


 




Bangka Belitung - Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Nasdem, Zuristyo Firmadata S.E., M.M., menyampaikan bahwa BUMN yang memiliki peran sebagai agen of development, terus berupaya mendukung pengembangan dan pembangunan infrastruktur melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya. Pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara memberikan keuntungan bagi BUMN - BUMN Karya seperti Waskita Karya, dan Adhi Karya. IKN merupakan proyek yang bersifat berkesinambungan dan jangka panjang. 


" Sehingga bisa memberikan keuntungan bagi emiten BUMN Karya dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan IKN. BUMN berkomitmen dalam rangka mendukung proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur secara jangka panjang selama proyek IKN terus berjalan, maka bisa membantu dalam mendatangkan katalis positif bagi emiten BUMN Karya," Kata anggota DPR RI.


Saat ini PT. Waskita Karya memiliki misi besar yakni membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bahkan sejauh ini seperti PT. Waskita Karya pada akhir 2022 sudah berhasil mendapatkan posisi gemilang dalam peningkatan laba kotor yakni sebesar Rp 627,24 milyar atau meningkat secara drastis sebesar Rp 14,8 persen dibandingkan tahun lalu pada 2021 dan mendapatkan dua proyek di IKN, yaitu proyek jalan tol senilai Rp 2,2 triliun.


" Sementara itu Adhi Karya (ADHI) memiliki 180 proyek konstruksi yang sedang berjalan beberapa proyek besar, salah satunya adalah proyek Ibu Kota Negara (Ferder Jembatan Pulau Balang, Hunian Pekerja Konstruksi, Jalan Tol Segmen 3A Karang Joang Kariangau).


ADHI berhasil menyerap dana sebesar Rp 2,6 triliun dengan komposisi penyertaan modal Negara sebesar Rp 1,96 triliun dan dana publik sebesar Rp 689 miliar. Total dana tersebut sepenuhnya dapat dipergunakan untuk setoran modal ke badan usaha untuk pembangunan beberapa proyek Strategis Nasional diantaranya untuk pembangunan IKN," pungkas Zuristyo Firmadata.


Waskita Karya dan Adhi Karya, sudah berkontribusi membangun infrastruktur besar di tanah air, antara lain jalan Tol, bendungan, apartemen, jaringan listrik nasional, pengembangan masjid dan lainnya. Tidak hanya itu BUMN Karya juga berperan aktif dalam pembangunan beberapa Bandara di Indonesia.


Oleh karena itu, BUMN Karya yang memiliki unit -unit perusahaan konstruksi dengan kredibilitas kuat di Indonesia seperti PT. Waskita Karya dan Adhi Karya yang memiliki modal kapasitas, teknologi, serta human capital yang handal tersebut perlu untuk kita apresiasi," imbuhnya anggota DPR RI.


Selanjutnya Zuristyo Firmadata Dapil Bangka Belitung menyampaikan BUMN Karya ( Waskita Karya dan Adhi Karya), saat ini tengah menunjukkan geliat profesionalitas dengan tidak hanya bergerak di bidang konstruksi saja, melainkan pada pengembangan teknologi konstruksi modern berkelas internasional.


" Potensi BUMN sangat besar, khususnya dua perusahaan PT. Waskita Karya dan Adhi Karya. Bahkan peran dan juga karya- karya dua perusahaan ini sudah terbukti dipakai oleh Negara-Negara lain yang ternyata telah mempercayakan berbagai proyek pembangunan strategis kepada dua perusahaan BUMN kebanggaan Indonesia.


Sebagai perusahaan milik pemerintah, BUMN Karya ( Waskita Karya dan Adhi Karya), memiliki fungsi sebagai katalisator pembangunan di tanah air. Perannya sangat strategis dalam mendukung program pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional melalui pembangunan infrastruktur yang diarahkan untuk penyediaan layanan dasar, peningkatan konektivitas serta dukungan pemulihan ekonomi dan menciptakan rantai ekonomi baru bagi IKN dan wilayah sekitarnya, dengan geliat rencana pembangunan IKN yang dimotori oleh BUMN Karya ( Waskita dan Adhi Karya) bisa menarik minat investor untuk berinvestasi di IKN sesuai dengan harapan pemerintah," tegas Zuristyo Firmadata, kepada wartawan Majalah Ceo Indonesia Media Group, di Taman Duku, Desa Puput, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat. Minggu pagi,(15/1/2023).


Dalam sosialisasi BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN, dilaksanakan di Taman Duku, Desa Puput, Kecamatan Parit Tiga dihadiri oleh masyarakat dan undangan lainnya sehingga kegiatan acara sosialisasi berjalan lancar, sehingga kondusif. (Sunardi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved