Rabu, 03 Mei 2023

Satgas Citarum Harum Sektor 23 Pembibitan Sub 1 Bongkor, Penanaman Pohon di Petak 20

Satgas Citarum Harum Sektor 23 Pembibitan Sub 1 Bongkor, Penanaman Pohon di Petak 20


MAJALAHCEO.COM, Kab. Bandung, - Anggota Sektor 23/Pembibitan Satgas Citarum Harum Sub 1 Bongkor melakukan penanaman di Petak 69 Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Rabu (03/05/23).


Pada kesempatan tersebut, Prada Hairil bersama anggota Sub 1 Bongkor Sektor 23/pembibitan membawa bibit kopi, kayu keras dan buah agar di tanam bersama sama di petak 20.



"Selain penanaman, anggota sektor 23 pembibitan memberikan arahan mengenai perawatan tanaman yang baik dan benar, terutama untuk masyarakat di lahan yang memiliki kemiringan tidak wajar". Katanya.


Untuk itu, Prada Hairil berharap, masyarakat melaksanakan penanaman dalam jarak tanaman yang sudah di tentukan sehingga tanaman akan tumbuh subur.



“Dengan penanaman dan pembinaan kepada masyarakat diharapkan agar pola pikir masyarakat akan lebih berkembang sehingga sasaran dari citarum harum akan tercapai”. Ujar dia.


Sementara itu, Dansektor 23/Pembibitan Drs. M. Sigit Saksono, M. M. menyampaikan, penanaman dilakukan secara bertahap untuk mereboisasi di lahan kritis.


"Secara bertahap, kami menanam pohon dilahan kritis. Hal ini kami lakukan agar air dari hulu sungai citarum tetap terjaga dengan baik". Katanya.


Menurutnya, Saat ini Sektor 23 pembibitan terus melaksanakan penghijauan dilahan kritis karena paradigam masyarakat beralih menanama sayuran.


"Dari segi ekonomi tanaman sayuran sangat bagus, akan tetapi dari sisi lahan sangat mempengaruhi kesuburan dan daya tangkap tanah terhadap resapan air". Tutur dia.


Dansektor berharap, kepada Masyarakat agar menanam tanaman keras dengan mengembangkan pola Agroforestry.


"Masyarakat agar menanam tanaman keras dengan pola agroforestry, dengan cara menanam diantara tanaman sayuran yang mereka miliki, agar resapan air di wilayah itu tetap terjaga dengn baik". Tutup dia.

#Yatiman ***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved