Selasa, 27 Juni 2023

Bhabinkamtibmas Hadir Amankan Ganti Luwur Makam Sunan Kalijaga, Jelang Penjamasan Pusaka

Bhabinkamtibmas Hadir Amankan  Ganti Luwur Makam Sunan Kalijaga, Jelang Penjamasan Pusaka


MAJALAHCEO .COM,POLRES DEMAK NEWS--- Jelang Penjamasan Pusaka Kanjeng Sunan Kalijaga, Yayasan Ahli Waris Sunan Kalijaga melaksanakan kegiatan Ganti Luwur Makam Sunan Kalijaga Demak tahun 2023 di Makam Sunan Kalijaga Kelurahan Kadilangu Demak Kota, Senin (25/06/2023). 


Guna menjaga keamanan dan kondusifitas selama kegiatan berlangsung Bhabinkamtibmas Kadilangu Bripka Andri Utomo bersama dengan Babinsa Serma Sukarno melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan hingga selesai. 


"Kegiatan ganti luwur ini rutin dilaksanakan oleh Ahli waris Sunan Kalijaga atau pengurus yayasan Sunan Kalijaga Demak jelang penjamasan yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan kami bhabinkamtibmas serta babinsa akan siap siaga dan hadir di rangkaian kegiatan tersebut hingga penjamasan selesai", ucap Kapolsek Demak Kota Iptu Miftqhun Nur melalui Bhabinkamtibmas Bripka Andri Utomo. 


Ganti luwur itu sendiri adalah tradisi yang selalu digelar setiap tahun sebagai pembuka acara jamasan pusaka. Acara penjamasan peninggalan Sunan Kalijaga batu akan dilakukan pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha mendatang. Pusaka yang akan dijamas atau dibersihkan adalah keris Kiai Carubuk dan rompi pusaka bernama Kiai Kotang Ontokusumo. 


"Luwur sendiri terdiri dari berbagai jenis, yaitu kelambu, gebyok, penutup nisan dan lainnya", ujar R Edi Mursalin selaku Juru Kunci. 


"Dan kegiatan ganti luwur ini sudah berjalan beratus-ratus tahun yang lalu, kita di sini menalurikan, mentradisikan sampai sekarang masih tetap kita laksanakan," imbuhnya. 


"Doa dan tahlilan sebelum melaksanakan kegiatan dilakukan, dan setelahnya m3ngganti Luwur dan bersih-bersih di Cungkup Makam Kanjeng Sunan Kalijaga", pungkasnya. 


Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ahli Waris Sunan Kalijaga dan Plt panembahan Kadilangu Bapak R Krisnaidi, Pembina R Agus Supriyanto juru kunci dari Yayasan Ahli Waris Sunan Kalijaga R Edi Mursalin dan juga Perangkat Pemerintahan Kelurahan Kadilangu Demak. 



(Jun/Sumber PIDdemakkota)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved