Kamis, 05 Oktober 2023

Media Artha Sentosa Resmi Membuka Pameran Niaga khusus bagi industri Boiler,yaitu Indonesia International Heating Technology Exhibition (Heatech Indonesia) pada 5–7 Oktober 2022.

Media Artha Sentosa Resmi Membuka  Pameran Niaga khusus bagi industri Boiler,yaitu Indonesia International Heating Technology Exhibition (Heatech Indonesia)  pada 5–7 Oktober 2022.


 


Jakarta -  Target bauran energi baru dan terbarukan 23% pada tahun 2025 menjadi penggerak nasional dalam pemilihan alternatif bagi sumber energi fosil yang menipis serta mencemari lingkungan. Berbagai pilihan energi baru dan terbarukan yang siap dan tersedia diantaranya termasuk sumber energi biomassa. Dengan potensinya yang besar dan ketersediaan yang mencukupi, energi biomassa meningkat secara popularitas sebagai pilihan prioritas sumber energi baru dan terbarukan.


Biomassa sendiri berarti bahan yang asalnya dari mahkluk hidup, baik tanaman maupun hewan. Pemanfaatan energi biomassa terutama dari limbah atau sisa yang tidak terpakai, sehingga menjadikannya sebagai sumber energi baru dan terbarukan yang menarik karena memungkinkan pemanfaatan sumber daya alami secara menyeluruh. Penggunaan limbah menjadi bahan bakar atau sumber energi meningkatkan efisiensi energi, menghemat biaya dan mengurangi penimbunan sampah. Alih alih menjadi sampah, produk biomassa diolah menjadi bahan bakar yang sustainable dan lebih ramah lingkungan.






Salah satu contoh biomassa yang paling banyak digunakan adalah limbah dari sawit. Baik cangkang, tandan buah, serat buah, batang pohon, pelepah maupun limbah cairnya (palm oil mill effluent – pome) dapat dijadikan sumber energi biomassa yang baik sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik dan pemanas, salah satunya adalah bahan bakar boiler.


Dalam rangka mendorong pemanfaatan maksimal dari sumber energi terbarukan biomassa, HEATECH INDONESIA, sebuah kegiatan pameran dan konferensi khusus bagi teknologi pemanasan (heating technology) memberikan fokus khusus bagi biomassa, terutama dalam kaitannya dengan pengoperasian boiler. Hal ini didasari oleh pentingnya proses pemanasan dalam berbagai sektor industri bagi kelangsungan proses produksi, dengan mempertimbangkan solusi sumber energi yang sustainable dan ramah lingkungan.







Press conference di hari ke-1 agenda ini terungkap bahwa biomassa dapat memberi sumbangsih besar pada bauran energi nasional.


 " Diharapkan kegiatan ini dapat secara kontinyu menggiatkan pelaku industri untuk beralih menggunakan sumber energi terbarukan, terutama biomassa," jelas  Ketua Umum MEBI, Milton S Pakpahan.


Milton menyatakan pihaknya ingin mengubah mindset pelaku industri bahwa tidak sesulit dibayangkan untuk beralih ke biomassa.


:" Harus disebarluaskan terutama untuk generasi muda. Waktunya adalah sekarang. Dunia bergerak dan bertransisi ke energi baru dan terbarukan, Indonesia juga harus beralih, di antaranya dengan dekarbonisasi dan diversivikasi energi melalui energi biomassa," ungkapnya


Ketua Umum MEBI Milton Pakpahan berharap kegiatan pameran dan seminar dapat mendorong secara luas energi biomassa dan bisnis-bisnis energi biomassa.


Secara khusus Ketua MEBI menyampaikan bahwa,  agar energi biomassa bisa lebih dikenal dan popular di kalangan kaum muda. "Untuk itu diperlukan sinergi MEBI, Pemerintah dan stakeholder lain dalam hal sosialisasi dan edukasi,"  jelas Milton Pakpahan, Rabu, 5 Oktober 2023.


Teddy Halim, Direktur PT. Media Artha Sentosa menjelaskan bahwa, pelaksanaan pameran Heatech Indonesia 2023 adalah penyelenggaraan keempat, di mana penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya mendapat perhatian tinggi dari kalangan industri dan umum.


"Penyelenggaran tahun ini merupakan kolaborasi kali kedua dengan MEBI, sehingga kami merasa lebih optimis berjalan lebih baik dan memberikan manfaat lebih luas,". Ujar Teddy Halim.

[5/10 19.47] Multi Media CEO Indonesia:


 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved