Kamis, 09 November 2023

Wakili Kasad, Dankodiklat TNI AD Hadiri Seminar Strategi dan Kebijakan Mewujudkan Ketahanan Siber

Wakili Kasad, Dankodiklat TNI AD Hadiri Seminar Strategi dan Kebijakan Mewujudkan Ketahanan Siber


MAJALAHCEO.COM,Cimahi,-|Komandan Kodiklat TNI AD, Letjen TNI Arif Rahman, M.A. mewakili Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Strategi dan Kebijakan Mewujudkan Ketahanan Siber” bertempat di Gedung Dharma Caraka Pusdikhub, Pushubad. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian HUT ke-78 Perhubungan Angkatan Darat. Kamis (9/11/2023)


Acara diawali dengan kata pengantar dari Kapushubad, Mayjen TNI Nurcahyo Utomo, M.Pm. Disampaikan bahwa Seminar yang diselenggarakan ini diharapkan dapat memberikan kajian untuk mempersiapkan para personil TNI dalam menghadapi berbagai tantangan dunia siber yang dapat mengancam keamanan, pertahanan dan kedaulatan Indonesia.


Selanjutnya sambutan Kepala Staf Angkatan Darat yang disampaikan oleh Komandan Kodiklatad bahwa sejatinya kecabangan Perhubungan memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan siber TNI AD, untuk itu diharapkan kecabangan Perhubungan harus terus meningkatkan kemampuannya dalam bidang ketahanan siber agar dapat melindungi sistem informasi TNI AD dari serangan siber. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat ancaman siber semakin meningkat dari waktu ke waktu. “tuturnya.


Dalam seminar yang dibagi menjadi 2 sesi ini hadir sebagai Narasumber pada sesi I yaitu Ketua MPR RI Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E., S.H., M.B.A. menyampaikan tentang Penguatan regulasi undang-undang dalam mewujudkan ketahanan siber. Menerangkan bahwa sangat penting bagi personel TNI untuk dapat menguasai artificial intelligence, cloud computing, hingga blockchain. Mengingat dunia saat ini sedang menghadapi perang generasi kelima (G-V) berupa peperangan Siber yang dikenal juga dengan Cyber Warfare. Bahkan Lemhannas juga telah membuat kajian tentang pentingnya Indonesia memiliki Angkatan ke-IV, Angkatan Siber memperkuat matra AD, AU dan AL yang sudah eksis. 


Selanjutnya para Narasumber yang sudah diundang pada acara seminar ini menyampaikan materinya masing-masing diakhiri dengan diskusi. Diakhir acara dilaksanakan penyerahan plakat oleh Kapushubad kepada para narasumber dan foto bersama.


(Penerangan Kodiklatad)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved