Senin, 05 Februari 2024

Bhabinkamtibmas Hadir Laksanakan Pengamanan Giat Ruwatan Massal

Bhabinkamtibmas Hadir Laksanakan Pengamanan Giat Ruwatan Massal


MAJALAHCEO COM,POLRES DEMAK NEWS--- Paguyuban Keluarga Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak mengadakan tradisi ruwatan massal setiap tahunnya, dan untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut bhabinkamtibmas Kelurahan Kadilangu Bripka Andri Utomo dan Babinsa Serma Sukarno siap hadir dan mengamankan kegiatan tersebut di Pendopo Notobratan Kasepuhan Kelurahan Kadilangu Demak Kota, Minggu (04/02/2024). 


Kegiatan tradisi ruwatan ini merupakan suatu bentuk upacara atau ritual penyucian untuk membuang kesialan dengan menggunakan media pagelaran Wayang kulit dengan Lakon Murwakala, yang hingga saat ini masih dipercayai oleh masyarakat Kabupaten Demak guna melestarikan ajaran dari Kanjeng Sunan Kalijaga. 


Yangmana peserta ruwatan buka  hanya masyarakat Demak saja, namun juga dari luar yakni Pati, Grobogan, Temanggung, Kudus, Jepara, Semarang, magelang, Blora, Pekalingan, Banten, Riau, Maluku. Dengan jumlah 224 sukerto terdiri dari 160 KK. 


Ruwatan Massal ini diselenggarakan oleh Paguyuban Keluarga Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijaga Kadilangu Demak dengan diiringi Pagelaran Wayang Kulit bersama Dalang KI MUHARSO dari Pati dan Lakon Murwakala. 


Antusiasme peserta sangat tinggi dari tahun ketahun. Dan saat ini bhabinkamtibmas bersinergitas neng babinsa untuk mengamankan jalannya kegiatan. 


"Dengan bersinergitas menampilkan kesiapsiagaan bersama dengan babinsa dalam mengamankan jalannya kegiatan ruwatan ini, diharapkan tidak adanya gangguan yang terjadi dalam segala bentuk  karena kegiatan ruwatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan kami babinsa serta bhabinkamtibmas siap untuk mengamankan jalannya kegiatan hingga selesau", ujar Pak Bhabin. 


(Jun/Sumber PIDdemakkota)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved