Kamis, 29 Februari 2024

KARYA ANAK BANGSA PEMANFAATAN SAMPAH MENJADI MEJA KURSI TAMAN YANG INDAH

KARYA ANAK BANGSA PEMANFAATAN SAMPAH MENJADI MEJA KURSI TAMAN YANG INDAH


MAJALAHCEO.COM, Kab. Bandung || Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto, S.H Dansektor 6 Satgas Citarum Harum memerintahkan kepada anggota Sektor 6 untuk Selalu berinovasi, jangan menyerah dengan suatu keadaan, dengan cara memanfaatkan barang yang tidak bernilai menjadi barang yang bermanfaat. Rabu (28 Februari 2024)


Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto, S.H selalu memberikan Inovasi inovasi untuk Penanganan Sampah yang berada di Wilayah kerja Sektor 6 Satgas Citarum Harum yang mencakup Wilayah Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Baleendah.



Sampah Sachet Kopi yang didalamnya terdapat lapisan Polimer dan Alumunium Foil, sehingga Sampah tersebut akan sulit untuk terurai dengan membutuhkan Watu Puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa terutai di tanah, Dansektor 6 membuat terobosan dengan memanfaatkan Sampah Sachet Kopi tersebut untuk di ubah menjadi Kursi Taman yang Indah.


Pemanfaatan Sampah menjadi Kursi dengan siklus Sampah dari Sungai dan Rumah Warga Masyarakat di Pilah di TPS Terpadu Sektor 6, dengan pemilahan antara Organik dan Non Organik untuk yang Organik dimanfaatkan menjadi Makanan Maggot dan dibuat Kompos, sedangkan sampah Non Organik yang memiliki Nilai Ekonomis dikerjasamakan dengan pihak ke-3, untuk sampah yang tidak memiliki Nilai Ekonomis yang bisa dimanfaatkan untuk dilelehkan menjadi balok bahan Kursi dan yang tidak bisa dimanfaatkan sekitar 20 % dari Total sampah baru lakukan Pembakaran.


Bahan yang digunakan untuk Bahan 1 Set Meja dan Kursi Taman yaitu dari 3 Kg Sachet Kopi dilelehkan menjadi 1 batang balok, sedangkan dari 1 Set Meja dan Kursi Taman membutuhkan 14 batang balok, dengan demikian dalam 1 Set Meja dan Kursi Taman di produksi dengan 42 Kg sampah Sachet Kopi.


Sedangkan setiap harinya sektor 6 Satgas Citarum Harum bisa memproduksi 10 hingga 15 batang, Berarti sudah 30 s.d. 45 Kg sampah Sachet Kopi yang kita kurangi untuk Pencemaran di Lingkungan Perharinya, apabila 1 bulan kurang lebih 1.350 Kg Sampah Sachet yang kita kurangi, dengan demikian kita berharap disetiap Wilayah atau Pemerintahan bisa berbuat seperti ini, Bersama sama untuk Penanganan Ekosistem Lingkungan.


#Siliwangi_Berhasil

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved