Selasa, 14 Mei 2024

Inovasi Satgas Citarum Sektor 3, Jadikan Limbah Batubara di Jadikan Campuran Pupuk Organik Untuk Menyuburkan Tanah

Inovasi Satgas Citarum Sektor 3, Jadikan Limbah Batubara di Jadikan Campuran Pupuk Organik Untuk Menyuburkan Tanah


MAJALAHCEO.COM,  KABUPATEN BANDUNG,-| Satgas Citarum Harum Sektor 3 di bawah Komando Dansektor Kolonel Czi Suyatrinu Wardedi hari ini Selasa 14 Mei 2024 melakukan inovasi pemanfaatan limbah batu bara.



Kegiatan tersebut di laksanakan di Posko Satgas Citarum Harum Sektor 3, Dansektor  mengatakan meski tidak banyak namun  limbah sisa pembakaran batu bara akan di jadikan pupuk organik.Prinsipnya fungsinya untuk menyuburkan tanah. Namun hasilnya untuk pembuahan tetap menggunakan dari unsur bahan kimia untuk mencapai hasil buah yang baik.

"Warna maupun rasanya ternyata unsur unsur kimia untuk menghasilkan buah yang bagus ini kita bisa dapatkan dari limbah batu bara, setelah melalui hasil laboratorium.ini akan kita coba dan ikuti perkembangan nya.sekarang kita liat prosesnya" kata Dansektor.

Menjelaskan lebih lanjut sisa pembakaran batu bara tersebut di aduk  di campur dengan pupuk organik ( pupuk kandang) kotoran ayam, di aduk rata campurannya satu banding satu ,untuk menghindari hama dari kotoran tersebut kita lakukan fermentasi terlebih dahulu agar hasilnya bisa lebih baik.


"Jika ini bisa di terapkan tentunya bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah batu bara yang ada di wilayah Sektor 3,karena jika tidak di kelola dengan baik akan menjadi  dampak yang kurang baik karena ini tidak bisa di simpan begitu saja. Harus kita manfaatkan di area perkebunan dan pertanian   setelah kita olah" jelasnya.



# Satgas Citarum Harum Sektor 3



 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved