Sabtu, 01 Juni 2024

Bhbainikamtibmas dan Babinsa Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Bersama Warga Desa Binaan

Bhbainikamtibmas dan Babinsa Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Bersama Warga Desa Binaan


MAJALAHCEO COM,POLRES DEMAK NEWS---- Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak familinya dari mengais rezeki dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.(01/06/2024)


Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

 

Hadir dalam giat tersebut, Forkopimcam Karangtengah, Kepala Desa Ploso Ahmad Muzakka S.H, Babinsa Koptu Safari, Bhabinkamtibmas Bripka Eko stiawan , Ketua RT dan RW, BPD dan Anggota, Toga, Tomas, Tokoh pemuda desa Ploso.


Kapolsek Karangtengah Iptu Setiyo SH menyampaikan tradisi ritual tahunan sedekah bumi bukan hanya sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa. “Oleh karenanya mari kita bersama-sama ikut andil dalam kegiatan ini”, ujarnya.

 

Kapolsek menambahkan mengharapkan peran serta dari seluruh warga untuk tetap kompak dan bersatu padu demi suksesnya acara sedekah bumi. Kegiatan sedekah bumi agar di atur dengan baik, sehingga tidak ada gesekan antar warga.



(Jun/Sumber Pid polsek karangtengah)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved