Jumat, 07 Juni 2024

Sidak Menteri ATR BPN ke Tapos menjadi Berkah dan Harapan Program Ketahanan Pangan dan Penghijauan di Kota Depok

Sidak Menteri ATR BPN ke Tapos menjadi Berkah dan Harapan Program Ketahanan Pangan dan Penghijauan di Kota Depok

 



Depok, [06/06/2004] – Dalam langkah penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan memberdayakan masyarakat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Menteri ATR/BPN menghadiri undangan dadakan dan turut serta dalam penanaman perdana bawang merah di Depok. Kegiatan ini merupakan bagian dari program sinergitas urban farming yang diinisiasi oleh Kodim 0508/Depok.

Agenda Menteri ATR/BPN meninjau secara langsung proses pengukuran tanah yang dilakukan oleh Kantor BPN Kota Depok di Tapos Depok berlanjut dengan kunjungannya ke Lahan Urban Farming Kota Depok dalam rangka Program Ketahanan Pangan Nasional di Depok.

Hal ini dijelaskan oleh Iman, Dandim Depok setelah mengucapkan terima kasih kepada Menteri ATR BPN bahwa selama ini telah banyak dibantu Indra Gunawan, Kepala Kantor BPN Kota Depok dalam identifikasi lahan-lahan tidur yang berpotensi dijadikan target perluasan areal tanam di Depok. Sebagai salah satu contohnya yang saat ini telah dibuka di depan Mall Pesona Square. Iman mendapatkan keterangan jelas kemana harus bekerjasama pada saat proses perijinan pembukaan calon lahan.

Acara yang digelar di lahan seluas 1,8 hektar di depan Mall Pesona Depok ini dihadiri oleh berbagai pihak penting diantaranya Forkopimda, Kelompok Tani Sukma Jaya Tangguh, Komunitas Kampung Kita Depok (K3D), serta jajaran eksekutif dan legislatif kota Depok. Program ini bertujuan untuk mengoptimalkan lahan tidur menjadi lahan produktif guna mendukung ketahanan pangan lokal dan keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan yang sejatinya adalah Komsos antara Kodim 0508/Depok dengan Aparat Pemerintahan Kota Depok ini menjadi spesial saat Menteri AHY berkenan memenuhi undangan dadakan yang disampaikan Dandim Depok pada saat Pengamanan Kegiatan Menteri ATR di Depok.

Dalam sambutannya, AHY, lulusan Akmil tahun 2000, menyampaikan, "Kami dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mendukung penuh pemanfaatan lahan tidur agar dapat ditanami, tidak hanya di Depok ini namun juga di seluruh Wilayah NKRI. Kementerian ATR/BPN sangat mendukung Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan Pemerintah dengan leading sector Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI. Kita harus mengoptimalkan setiap jengkal lahan tidur untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Urban farming ini adalah salah satu solusi terbaik untuk menciptakan ketahanan pangan di masa depan. Serta mengantisipasi perubahan iklim global yang menjadi ancaman krisis pangan."

Kegiatan ini tidak hanya mendapat sambutan hangat dari masyarakat, tetapi juga apresiasi tinggi dari berbagai pihak. Kolonel Iman, Komandan Kodim 0508/Depok, menyatakan, "Kami sangat bangga bisa menginisiasi program ini. Dengan urban farming, kita tidak hanya meningkatkan ketahanan pangan tetapi juga memperkuat sinergi antara masyarakat dan pemerintah."

Pakde Bowo, seorang petani dari Kelompok Tani Sukma Jaya Tangguh, juga memberikan testimoninya, "Sebagai petani, kami sangat terbantu dengan adanya program ini. Kami dapat memanfaatkan lahan tidur dan berharap menghasilkan panen yang bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung."

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved