Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Kebumen Gelar Apel 3 Pilar

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T08:55:31Z
MAJALAHCEO.COM, POLRES BLORA,----Adanya fenomena La Nina yang berpotensi menimbulkan bencana hedrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang atau siklontropis/puting beliung, seluruh masyarakat diimbau untuk lebih waspada.

Terlebih analisa dan hasil kajian BMKG, curah hujan diprakirakan akan meningkat pada bulan November-Desember 2021 dan Januari-Februari 2022, perlu upaya peningkatan kesiapsiagaan.

Adanya hal tersebut, Pemkab Kebumen, menggelar Apel 3 Pilar dalam rangka Apel Kesiapsiagaan Bencana, Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, melakukan peningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal penanggulangan bencana, Jumat (17/12).

Dijelaskan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam amanatnya, mengatakan, Apel 3 Pilar digelar untuk mengingatkan kembali bagi masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, agar masyarakat dapat mengerti, memahami dan dapat melakukan tindakan-tindakan tepat dan cepat pada saat terjadi bencana.

"Sebagaimana kita pahami bersama, Kabupaten Kebumen merupakan wilayah rawan bencana, baik bencana banjir, tsunami, tanah longsor, maupun angin puting beliung. Jumlah desa rawan banjir dikabupaten Kebumen 101 desa kategori tinggi tersebar di 24 Kecamatan. Karena itu perlu upaya peningkatan kesiapsiagaan," kata Bupati Kebumen dalam amanatnya.

Selanjutnya Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, jika terjadi bencana, tiga pilar yang terdiri dari Pemda, kodim 0709 Kebumen, dan Polres Kebumen wajib quick respon.

"Jika terjadi bencana kita quick respon menyelamatkan jiwa, serta menyelesaikan permasalahan. Semisal contoh terjadi longsor, kita segera kebersihan material longsor sehingga jalan bisa segera dilalui masyarakat dan kembali normal," jelas AKBP Piter di sela kegiatan.

Dalam kesempatan itu Polres Kebumen mengeluarkan semua peralatan SAR yang bisa sewaktu-waktu digunakan untuk menanggulangi bencana alam.

Polres Kebumen telah lama menyiagakan personelnya semenjak BMKG mengeluarkan peringatan dini peningkatan curah hujan.

Melalui patroli Polsek dan sambang Bhabinkamtibmas, Polres Kebumen mengimbau warga untuk waspada bencana jika di daerahnya hujan dengan intensitas tinggi.

(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)
×
Berita Terbaru Update