Notification

×

Iklan

Iklan

*MENHUB APRESIASI KESIAPAN POLDA JATENG ANTISIPASI ARUS BALIK NATARU*

Kamis, 30 Desember 2021 | Desember 30, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T23:22:24Z
MAJALAHCEO.COM,SEMARANG, - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta rombongan mengunjungi Polda Jawa Tengah. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Provinsi Jawa Tengah dalam mengantisipasi pergerakan masyarakat saat malam pergantian tahun 2022. Kamis (30/12).

Dalam kunjungan yang disambut oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Sekda Propinsi Jawa Tengah, serta PJU Polda Jateng tersebut, Menhub melakukan rapat koordinasi dan pengecekan secara virtual terhadap Kapolres Jajaran Polda Jateng di Ruang Vicon, Mapolda.

Hasil koordinasi yang dilakukan menunjukkan bahwa Polda Jawa Tengah beserta jajaran kewilayahan telah siap mengantisipasi arus balik dan pergerakan masyarakat di malam tahun baru 2022.

"Tadi (hasil koordinasi) luar biasa, Jateng dipersiapkan dengan baik," terang Budi Karya dalam keterangan pers usai kegiatan.

Budi menegaskan, bahwa menindaklanjuti instruksi presiden terkait antisipasi pergerqkan masyarakat yang melakukan mudik saat nataru dilayani dengan baik agar perjalanan selamat.

"Tidak ada putar balik, tapi jaga ketat protokop kesehatan, masker dan sebagainya," ujarnya.

Berdasarkan prediksi dari Kementerian Perhubungan, pada tanggal 1 dan 2 Januari 2022 diperkirakan terjadi kenaikan arus balik sebesar 5 persen. Sehingga, pantauan arus lalin di Gerbang Tol Kalikangkung menjadi pusat perhatian.

"Jadi saya sampaikan apresiasi untuk Jawa Tengah. Harapan kita kolaborasi ini berjalan dengan baik. Kita bisa layani masyarakat dengan baik," pungkas Budi Karya.
Dalam kesempatan konferensi pers tersebut, Kapolda Jateng menambahkan bahwa pihaknya beserta jajaran telah melakukan berbagai kegiatan guna mengantisipasi terjadinya arus balik.

"Seluruh ruas jalan tol terpantau CCTV dan pusat pengendalian ada di Kalikangkung," terang Ahmad Lutfi.

Dari pantauan CCTV tersebut manakala terjadi penumpukan arus di gerbang tol, maka akan dilakukan pembukaan gerbang tol secara bersamaan, ataupun jalur searah (one way) dan kontra flow.

Ditekankan kembali oleh Ahmad Lutfi bahwa untuk penerapan protokol kesehatan, pihaknya sudah menghimbau kepada seluruh polres jajaran untuk tidak memberikan ijin rekomendasi keramaian masyarakat saat nataru.

"Kalau toh ada (keramaian masyarakat) harus dengan penerapan protokol kesehatan," terangnya.

Langkah antisipasi selanjutnya adalah dengan menutup alun-alun yang berpotensi menjadi pusat kerumunan masyarakat saat malam pergantian tahun.

"Saya himbau masyarakat tidak melakukan kegiatan yang sifatnya euforia, cukup di rumah saja. Kalau perlu harus pesta cukup melalui virtual, sehingga Covid-19 di Jawa Tengah bisa terkendali," pesan Ahmad Luthfi.

Selain langkah-langkah tersebut, Kapolda menyampaikan bahwa PPKM Mikro di Jawa Tengah telah diaktifkan kembali guna memantau para pendatang yang melakukan mudik ke wilayah Jawa Tengah.

"Siapapun nanti yang akan kembali saat arus balik, melalui PPKM Mikro akan diberikan surat keterangan dan kendaraannya akan diberikan stiker oleh Ditlantas Polda Jateng. Sehingga masyarakat yang akan kembali betul-betul diawasi terkait penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

(Jun/Sumber Humas Polda Jateng)
×
Berita Terbaru Update