Notification

×

Iklan

Iklan

*Wakil Rektor III UIN Bandung Buka Career Days 2021*

Jumat, 10 Desember 2021 | Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2021-12-11T00:49:59Z
MAJALAHCEO.COM,BANDUNG,-Wakil Rektor III UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Ah. Fathonih, M.Ag membuka Career Days bertajuk “Change Your Mind for Better Future” yang berlangsung di gedung Anwar Musaddad, dari Jum’at-Sabtu (19-20/11/2021).

Dr. Husnita, M.Si. (Telkomsel), Dr. Maylani Christine, M.Si. (Telkom University) menjadi narasumber Career Days yang dipandu oleh Dyah Rahmi Astuti, M.Si., praktisi Humas dan MC Nasional.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III mengajak civitas akademika untuk menjadikan dunia kewirausahaan sebagai pandangan hidup dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa, alumni agar mulai berwirausaha, sehingga terlahir kaum intelektual muslim mandiri dan entrepreneur muslim sejati.

“Saya atas nama pimpinan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pusat Karier yang berhasil menyelenggarakan Career Days dalam rangka mencoba, mencari, melihat, bagaimana hubungan stakeholder dengan perguruan tinggi, dunia kerja dengan kampus.Untuk itu kegiatan ini tidak sebatas seremonial, tapi harus memberikan manfaat, khususnya alumni, mahasiswa, sehingga tidak hanya ingin mencari kerja, tapi membuka lapangan pekerjaan dan menjadikan kegiatan usaha mandiri sebagai solusi atas di tengah-tengah susahnya mencari lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Mengingat pentingnya alumni dalam perguruan tinggi, mulai dari berperan aktif dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan kampus, alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi nama baik Perguruan Tinggi, alumni sebagai produk Perguruan Tinggi dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan kampus, mahasiswa dengan institusi di luar Perguruan Tinggi, alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru kampus, sampai menjadi teladan inspirasi bagi mahasiswa.

“Dalam pikiran saya kebesaran suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kiprah alumni, mahasiswa, terlebih lagi kontribusi alumni mempunyai hubungan erat dengan lapangan kerja, perusahaan. Dengan demikian ini jadi momentum interaksi antar dunia usaha dengan mencari kerja, termasuk bagi dunia kerja media untuk mencari lulusan dengan segala potensi yang dimiliki masing-masing,” paparnya.

Di tengah lapangan kerja formal terbatas, “Apalagi pasca pandemi, kegiatan usaha mandiri jadi solusinya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha. Untuk itu jampe-jampe alumni sangat dibutuhkan agar tidak hanya mengandalkan pekerjaan formal. Saya yakin sikap enterpreneur bisa bangkit dengan adanya kegiatan career days yang disimbolkan dengan teropong untuk menjemput mimpi, dengan kemampuan yang dimiliki. Di sinilah alumni sangat berperan aktif dalam memberikan berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa, yang selalu menuntut inovasi, kreativitas agar bisa melahirkan lapangan kerja sendiri,” jelasnya.

Ketua Pusat Karier, Dr. Hj. Betty Tresnawaty, M.I.Kom. menjelaskan Career Days dilakukan secara dua hari yang diikuti 20 perusahaan. “Peserta dibatasi hanya 500 orang, mudah-mudahan dengan adanya Career Days ini menjadi jembatan bagi alumni dan mahasiswa dengan dunia usaha. Terserapnya alumni yang dipersiapkan masuk dunia kerja yang bisa bersaing dengan lulusan kampus lain,” terangnya.

Acara Career Days diisi dengan Seminar yang menghadirkan narasumber dari Telkomsel dan Telkom University, “membuka informasi seluas-luasnya tentang lowongan kerja, menyediakan 20 booth perusahaan yang diharapkan dapat membuka lapangan kerja, sehingga dapat melahirkan wirausaha muslim,” harapnya.

#Yatiman,sumber : Humas UIN.Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update