Kamis, 14 April 2022

Zainal Abidin : Jadikan bulan Ramadhan ini Menjadi Bulan yang Penuh Keberkahan dan Ampunan

Zainal Abidin  : Jadikan bulan Ramadhan ini  Menjadi Bulan yang Penuh Keberkahan dan Ampunan

 







MAJALAHCEO.COM | Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh ampunan Allah SWT dan rahmat-Nya. Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW.


Sungguh bulan ini (Ramadhan) telah hadir di tengah-tengah kalian. Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi dari malam itu, sungguh dia telah terhalangi dari kebaikan secara keseluruhan. Tidaklah terhalangi dari kebaikannya kecuali seorang yang rugi (HR Ibn Majah).


Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia serta penjelas dari petunjuk (tersebut) dan pembeda (antara haq dan batil) (TQS al-Baqarah [2]: 185). Karena itu Bulan Ramadhan identik dengan Bulan al-Quran. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan ini pun berkaitan dengan al-Quran; membaca, memahami dan merenungkan al-Quran. Tentu di atas semua ini adalah mengamalkan al-Quran. Karena itu pula, hal yang paling tercela di bulan ini adalah meninggalkan al-Quran ( hajr al-Qur`an), baik dengan tidak membaca dan mempelajari al-Quran, apalagi tidak mengamalkan al-Quran.


Menurut Zainal Abidi selaku Sekretaris Nasional Media Ceo Group " Makna bulan Ramadhan bagi umat Islam yang pertama adalah bulan yang penuh dengan kesabaran. Saat bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh.Selama berpuasa, umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian. Selain itu, umat Muslim diwajibkan untuk menjaga mulutnya dari hal-hal yang tidak baik.Rasulullah saw. bersabda, "Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kukuh dari siksa api neraka". (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved