Jumat, 15 Juli 2022

Pemdes Langda Gelar Musdes Penyusunan RKPDes

Pemdes Langda Gelar Musdes Penyusunan RKPDes

MAJALAH CEO- ENREKANG - Pemeritah Desa Langda Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang melaksanakan Musyawarah penyusunan rencana kerja Tahun anggaran 2023.

Kegiatan Mudes ini oleh BPD Desa Langda yang dihadiri oleh Seluruh perangkat Desa, Sekcam Buntu Batu  Drs Lunik, S.E,Pendamping Kecamatan, Tokoh agama ,Tokoh masyarakat ,Pemuda, Kader Posyandu dan Kelompok tani.

Musyawarah Desa penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2023 tersebut dibuka Oleh Ketua BPD Desa  Langda Badari ,Belalang 15/7/2022.

Menurut Badari bahwa musyawarah Desa perencanaan pembangunan merupakan agenda rutin setiap tahun, guna menyusun RKP Desa sekaligus mengakomodir seluruh usulan dan kebutuhan masyarakat.

Olehnya peserta Mudes diharapkan masyarakat juga dapat menyampaikan secara langsung usulan terkait dengan kebutuhan pembangunan. “Yang tentunya harus disesuaikan dengan RPJMDesa yang menjadi program atau visi misi Kepala Desa,” terangnya.

Kemudian memperhatikan apa kegiatan tersebut layak di anggarkan atau tidak ,imbuh Badari. Dalam sambutan Sekretaris Kecamatan Buntu Batu Drs Lunik mengemukakan maksud dan tujuan penyelenggaraan Musyawarah RKPDes.

Dikatakan bahwaTujuannya ialah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa.

"RKP Desa yang berkualitas disusun atas dasar usulan dari masyarakat , serta menyesuaikan dengan apa yang di butuhkan oleh masyarakat"

Dan bukannya RKP Desa, yang disusun atas dasar kemauan ataupun keinginan dari salah seorang pemangku kepentingan desa, yang kemudian diaminkan oleh seluruh perangkat desa tanpa memahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat,jelas Lunik.

Diakhir sambutan mantan Lurah Tomenawa Lunik, mengajak agar masyarakat Desa Langda mendukung pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa yang begitu banyak berbuat untuk memajukan Desa Langda yang masuk kategori Desa Andalan mewakili Kabupaten Enrekang, urainya.

Pada Kesempatan pula Kepala Desa Langda Risal, S.H,mengajak agar musyawarah Desa ini ada unek unek atau usulan yang punya manfaat bagi masyarakat banyak .

“Semoga acara ini bermanfaat, berjalan lancar, baik dan sesuai harapan bersama"jelasnya.

Selain Kepala Desa dua priode Risal berkesempatan memaparkan hasil pembangunan di Desa Langda yang dianggarkan dari Dana Desa .

Seperti program yang di usulkan oleh masyarakat yakni ada beberapa kegiatan-kegiatan fisik Jalan Tani yang sudah teralisasi hingga 2022 sepanjang 7400 meter,pembangunan jalan lingkungan sepanjang 1200 meter dan pengerjaan drainase 1680 meter. Selanjutnya pengadaan jambang sebanyak 62 Kepala Keluarga, pembangunan 3 gedung PAUD dan Pos Yandu.

Ditambahkan Risal, Desa Langda akan akan menuju Desa Andalan yang terpilih mewakili 112 Desa di Kabupaten Enrekang yang spesik jadi Desa wisata.

Olehnya mengharapkan Masyarakat agar dapat bersiap menerima penghargaan yang diberikan sebagai Desa wisata yang dapat menambah nilai tambah dalam hal ini PAD Desa, tutup Desa Langda Risal.(Atta)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved