Kamis, 07 Juli 2022

Jadilah Polisi Yang Humanis, Pesan Kapolda Jabar Dalam Pelantikan 569 Bintara Berpangkat Bripda

Jadilah Polisi Yang Humanis, Pesan Kapolda Jabar Dalam Pelantikan 569 Bintara Berpangkat Bripda


MAJALAHCEO.COM,Cimahi, - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana melantik dan mengambil sumpah 569 Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jabar, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (7/7/2022). Kepada para polisi muda yang resmi menyandang pangka Brigadir Polisi Dua (Bripda) itu, Kapolda Jabar berpesan agar mereka menjadi polisi humanis dan menghormati hak asasi manusia (HAM).


Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana membacakan sambutan tertulis Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol Prof Dr Rycko Amelza Daniel MSi. Upacara itu diselenggarakan sebagai pertanda seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri gelombang I tahun anggaran 2022 telah berakhir. 



Pendidikan itu diselenggarakan di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan), Pusat Pendidikan Brigade Mobil (Pusdik Brimob), Pusat Pendidikan Polisi Air (Pusdik Polair) Lemdiklat Polri, dan 29 SPN polda. "Jumlah siswa Diktukba Polri Reguler Tahun 2022 di SPN Polda Jabar berjumlah 569 orang," kata Kapolda Jabar.


Irjen Pol Suntana menyatakan, dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka telah menghasilkan 12.240 personel Polri, terdiri atas 11.936 Polisi lakil- laki dan 304 Polisi wanita. "Jumlah tersebut terbagi ke dalam 9.997 Bintara Polri tugas umum, 497 Bintara Brimob,1.606 Tamtama Brimob, dan 140 Tamtama Polair," ujar Irjen Pol Suntana.


Dengan penambahan Personel Polri ini, tutur Kapolda Jabar, diharapkan dapat meningkatkan kinerja organisasi Polri ke depan dan semakin meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), menegakkan hukum, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.


"Saat ini adalah era demokratisasi. Alam demos dan cratos di mana kekuasaan di tangan rakyat dan rakyat, adalah pemegang kekuasaan tertinggi di negeri ini. Untuk itu Polri bukan sekadar dituntut mendapatkan kepercayaan dari rakyat (public trust), tetapi lebih dari itu, tingkat kepercayaan rakyat harus tinggi kepada polisi (public confidence)," tutur Kapolda Jabar.


Polri, kata Irjen Pol Suntana, harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) sebagai alat dan kekuatan utama yang unggul, kreatif dan inovatif sebagai petugas yang humanis dan menghormati HAM, menghindari perbuatan tercela, dan tindakan yang menyakiti hati rakyat.



"Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata serta Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara. Jaga nama baik Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata." ucap Irjen Pol Suntana.


Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana melantikan dan mengambil sumpah Bintara Polri yang lulus Diktukba Polri Gelombang I 2022 di SPN Polda Jabar. 


Kapolda Jabar juga meminta para Bintara Polri membangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat. Perkuat sinergitas dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa guna memelihara stabilitas Kamtibmas yang Kondusif.


"Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan yang akan datang. Polisi adalah kita, kita adalah Polisi maka jadilah sosok panutan dan teladan serta selalu lindungi serta layani masyarakat dengan sepenuh hati," ujar Kapolda Jabar.


Selain pelantikan dan pengambilan sumpah, Kapolda Jabar menutup Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri gelombang I Tahun 2022,bertempat  di SPN Polda Jabar.

#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved