Jumat, 15 Juli 2022

Pelihara Ekosistem, Salah Satu Materi Wasrik Itdam III/Slw

Pelihara Ekosistem, Salah Satu Materi Wasrik Itdam III/Slw


MAJALAHCEO.COM,Kab. Bandung, - Satgas Citarum Harum sektor 5 yang berkantor di Jl. Sapan Majalaya No. 19 Desa Rancakasumba Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Itdam (Inspektorat Kodam) III/ Siliwangi.


Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto kepada awak media di Media Center Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, jabar, Kamis (14/07).


Tujuan Wasrik Tim Itdam III/Siliwangi yang digelar pada Rabu (13/07) kemarin, dipimpin Kol Inf Drs, Arry Wahyu Nugroho adalah untuk melaksanakan pengecekan pelaksanaan program Citarum Harum, termasuk program perbaikan serta pemeliharaan Ekosistem di Sungai Citarum Harum, yang sudah dikerjakan di Sektor 5.


Pada kesempatan tersebut, lanjut Kapendam, Tim Wasrik mengecek administrasi yang berkaitan dengan administrasi pertanggung-jawaban keuangan (Wabku), Progress yang sudah, sedang dan yang akan dikerjakan.


Kegiatan Wasrik diawali dengan paparan Dansektor 5 Kol. Arm Ruly Chandrayadi, S.H., M.H., dilanjutkan tanya jawab, pemeriksaan administrasi serta mengecek progres penanganan sampah yang ada di wilayah.


Dalam kesempatan itu, Katim Wasrik Itdam III Siliwangi Kolonel Inf Drs. Arry Wahyu Nugroho mengatakan, kedatangannya ke sektor 5 Citarum harum dalam rangka pengawasan yang merupakan bagian sarana pengendalian organisasi agar lebih baik.


“Kegiatan ini sebagai pengawasan secara internal di beberapa Sektor Satgas Citarum Harum, saat ini sesuai tugasnya untuk memeriksa administrasi dan progres pelaksanaan program di Sektor 5,” ujar Katim Wasrik.


Selain itu, Katim Wasrik Itdam III Siliwangi juga mengecek langsung progres dari pogram yang sedang dilaksanakan, yaitu penanganan sampah di TPS liar. Tepatnya di bantaran sungai Citarum yang berada di wilayah Desa Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.


“Citarum sudah berjalan hampir 5 tahun, setelah saya lihat dan cek langsung, sudah ada perubahan. Namun masyarakatnya perlu diedukasi lagi karena masih terlihat tumpukan sampah,” pungkasnya.


Senada dikatakan Ketua Tim, Dansektor 5 Citarum Harum Kol. Arm. Ruly Chandrayadi, S.H., M.H., bahwa kedatangan Tim Wasrik Itdam III/Slw sangat membantu dalam mengarahkan kegiatan yang ada di tiap Sektor.


“Tim Itdam III/Slw mengecek dan memberikan arahan dan petunjuk tentang teknis yang baik dan benar. Kita perlu apresiasi Komando Atas yang begitu peduli dengan keberadaan tiap Sektor”. Tutur Dansektor 05.


Secara keseluruhan, Dansektor menjelaskan, kegiatan Sektor 5 dimulai dari penertiban sampah di TPS liar, pembukaan lahan ketahanan pangan, pembenahan taman icon, pengembangan BIOS 44, serta sidak limbah domestik dan industri. Hal tersebut merupakan upaya Pemeliharaan Ekosistem  Sungai Citarum,  yang dalam pelaksanaannya dilakukan dengan metode pendekatan Pembinaan Teritorial (Binter).



Selain itu, Sektor 5 menjalin hubungan yang sangat kompak dan solid dengan beberapa dinas terkait dan unsur Kewilayahan. Hal tersebut dilakukannya secara berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi dari unsur pentahelix, merupakan progres suksesi Citarum Harum sesuai dengan yang disarankan pemerintah untuk melibatkan para pihak terkait.


#Yatiman, (Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved