Rabu, 31 Agustus 2022

Jaga Keseimbangan Alam dan Ekosistem Agar Bisa Terus Bermanfaat, Lestari dan Berkesinambungan Kodim 0618 Kota Bandung Tanam 500 Pohon Keras Bernilai Ekonomis di Ruang Terbuka Hijau

Jaga Keseimbangan Alam dan Ekosistem Agar Bisa Terus Bermanfaat, Lestari dan Berkesinambungan Kodim 0618 Kota Bandung Tanam 500 Pohon Keras Bernilai Ekonomis di Ruang Terbuka Hijau


MAJALAHCEO.COM,BANDUNG,-|Kodim 0618 Kota Bandung melaksanakan penanaman pohon di Ruang Terbuka Hijau( RTH) di RT.05,RW.07 Kel.Cisurupan Kec.Cibiru Kota Bandung,(31/8/2022).


Kegiatan tersebut menurut Dandim merupakan Program Binaan  Lingkungan Hidup (Penghijauan) TA. 2022 sebagai wujud kepedulian dan keterlibatan Kodim beserta jajaran bersama pihak terkait dalam menjaga alam melalui penanaman pohon.


Dandim 0618 Kota Bandung Letkol Inf.Donny Ismuali Bainuri, S,Hub., Int., M.A.S.S.S., melalui Kasdim Letkol.Inf.Muksit dalam sambutannya mengatakan'hari ini kita semua menghadiri acara pembinaan lingkungan hidup, seperti kita ketahui, lingkungan hidup merupakan salah satu tonggak utama kehidupan di bumi kita, pohon misalnya merupakan salah satu penyumbang oksigen, gas kehidupan yang di butuhkan oleh semua mahluk hidup.

"Namun kita kerap lupa bahwa pohon tidak dapat bekerja maksimal tanpa dukungan manusia, salah satu kontribusi yang dapat kita lakukan untuk mendukung lingkungan hidup adalah menanam pohon. Menanam pohon tidaklah sulit, selain dapat menanam pohon langsung dengan menggunakan biji, juga terdapat berbagai macam cara lain yang dapat kita gunakan mulai dari stek, cangkok, hingga okulasi beragam, caea ini tersedia agar kita dapat memberikan yang terbaik bagi alam. Guna mendapatkan msnfaat untuk diri kita sendiri" tutur Dandim.


Letkol.Inf.Donny I Bainuri dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan tugas yang di amanatkan oleh komando atas khususnya program pembinaan lingkungan hidup tahun 2022, Kodim 0618 Kota Bandung dengan Tipologi daerah perkotaan dan perindustrian mendapat tugas untuk turut serta bersama pemerintah daerah untuk melaksanakan pembinaan lingkungan hidup diantaranya meliputi pengelolaan taman (hutan kota)untuk mengurangi polusi udara, pengelolaan limbah rumah tangga / limbah industri, pengelolaan darah kumuh perkotaan dan pengelolaan sampah di wilayah terkait.


," Saya selaku  Komandan Kodim 0618 /Kota Bandung dan selaku pribadi mengajak kepada semua pihak untuk bersama sama, bergotong royong membersihkan lingkungan dan pengelolaan sampah hingga program Pemkot Bandung dalam melaksanaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, mengurangi dampak pemanasan global," jelas Dandim.


," Kita semua berharap, berbagai upaya dalam memperbaiki lingkungan hidup ini membuahkan hasil yang cukup baik, bukan saja meminimalisir kerusakan lingkungan saat ini, tapi juga turut serta berivestasi dalam menyelamatkan lingkungan hidup bagi anak cucu kita kelak di kemudian hari. Hari ini kita akan melakukan penanaman pohon sebanyak 500 pohon yang terdiri dari Jambu kristal : 100, Sirsak : 50, Rambutan : 50, Alba : 50, Mahoni biasa : 50,Mahoni uganda : 50, Kisire : 50, Pucuk merah : 50 dan pohon Kihoe : 50 di lahan seluas 1 ha. Kita melakukan penanaman pohon di tempat yang gersang demi menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar kita.Menanam pohon bukan bermanfaat satu hal saja karena ini penting erat kaitannya dengan ketersediaan air dan Oksigen serta pemanasan global," imbuh nya. 

Kegiatan penanaman pohon tersebut di hadiri oleh Dandim Kota Bandung ( di wakili Kasdim 0618 Kota Bandung, Para Pasi Kodim, Para Danramil, para Babinsa, Kepala DKPP Kota Bandung, Kepala DLHK Kota Bandung, Forkopimcam Cibiru, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Kel.Cisurupan

#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved