Kamis, 16 Mei 2024

Pastikan Kesehatan Para Nelayan, Polres Kebumen Gelar Aksi Kesehatan Berlayar

Pastikan Kesehatan Para Nelayan, Polres Kebumen Gelar Aksi Kesehatan Berlayar


MAJALAHCEO COM,POLRES KEBUMEN--- Satpolairud bersama Sidokkes Polres Kebumen menggelar aksi cek kesehatan berlayar (CKB) kepada para nelayan, Kamis 16 Mei 2024.


Kali ini giliran Rukun Nelayan TPI Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, yang dilakukan pengecekan kesehatannya. Pengecekan dilakukan sebelum kegiatan lelang ikan dimulai, di TPI Karangduwur. 


Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, CKB dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para nelayan sehingga lebih maksimal saat mencari ikan di laut. 


"Pengecekan melalui laboratorium ringan. Ada pengecekan tensi tekanan darah, asam urat, gula darah, hingga kolesterol," jelas AKP Heru. 


Jika ditemukan gangguan kesehatan, lanjut AKP Heru, para nelayan diberi obat agar kondisi membaik. Total ada 110 nelayan dan warga sekitar TPI yang mengikuti CKB pada kesempatan itu.


Selanjutnya diungkapkan Bejo, selaku Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kebumen, kegiatan ini sangat membantu nelayan juga warga masyarakat. 


"Menurut kami, kegiatan ini sangat perlu sekali dilakukan. Jika nelayan sehat, tentu akan lebih produktif lagi dalam mencari ikan," ungkap Bejo.


Bejo Juga berharap, CKB yang dilaksanakan agar dilakukan secara berkala dan berpindah-pindah agar para nelayan lain juga mendapatkan manfaat kesehatan dari Polres Kebumen. 


Terlebih para nelayan harus memiliki fisik yang kuat agar bisa mencari ikan di tengah lautan. 


Di Kabupaten Kebumen menurut Bejo, kurang lebih total ada 3000 nelayan yang telah terdata yang juga.


(Jun/Sumber Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved