Jumat, 31 Mei 2024

Satkamling Desa Kalirancang Alian Dilakukan Soft Launching, Kapolres Kebumen: Masyarakat Harus Mampu Menjadi Polisi untuk Dirinya

Satkamling Desa Kalirancang Alian Dilakukan Soft Launching, Kapolres Kebumen: Masyarakat Harus Mampu Menjadi Polisi untuk Dirinya


MAJALAHCEO.COM, KEBUMEN,-|Polres Kebumen - Satkamling Guyub Ayem Tentren RT03/02, Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Kebumen dilakukan soft launching, Jumat 31 Mei 2024.


Soft launching dihadiri Kapolres Kebumen AKBP Recky, Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Wabup Kebumen Ristawati Purwaningsih serta perwakilan Forkopimda.



Dijelaskan AKBP Recky, setelah dilakukan soft launching, diharapkan masyarakat bisa menjadi polisi untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitar, serta sebagai langkah awal deteksi sebuah kejahatan yang akan masuk desa.


Lalu setelah dilakukan soft launching,  masyarakat bisa mengasah kemampuannya dalam menjaga desa, lalu cara penggunaan peralatan Satkamling, sehingga situasi Kamtibmas bisa berjalan kondusif. 


"Jika suatu desa terdapat situasi aman dan kondusif, bukan serta merta dari kepolisian ataupun TNI, justru peran paling besar adalah dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat juga ikut menjaga wilayahnya," kata AKBP Recky. 


Menurut AKBP Recky, masyarakat harus lebih peka terhadap orang asing yang memasuki desa. Jika ditemukan sebuah bangunan dengan aktivitasnya mencurigakan, masyarakat harus lebih tanggap.


Hal menyusul beberapa waktu lalu Polres Kebumen mengungkap pabrik minuman keras ilegal yang telah beroprasi 5 tahun di Desa Karangjambu, Kecamatan Sruweng, Kebumen.


"Jika masyarakat melakukan kegiatan keamanan di lingkungan, maka kejadian ataupun kejahatan bisa terdeteksi lebih awal," pungkas AKBP Recky. 


Selanjutnya Wabup Ristawati Purwaningsih mengungkapkan, Satkamling di Desa Kalirancang merupakan bentuk sinergitas antara TNI, Polri, dan masyarakat serta Pemerintah. 


Menurut Wabup Ristawati, Kamtibmas bukan hanya tanggung jawab TNI ataupun Polri, namun tanggung jawab seluruh masyarakat Kebumen.


"Semoga dengan Satkamling ini, menjadi sarana untuk peduli terhadap keamanan masyarakat, dan bermanfaat, bagi masyarakat Kalirancang," pungkasnya. 


Ristawati mengungkapkan terimakasih kepada Polda Jateng yang telah menunjuk Desa Kalirancang untuk mendapatkan hibah pembangunan Satkamling. 


Kades Kalirancang Suwito menyambut baik soft launching Satkamling di desanya. Satkamling atau Pos Ronda di desanya merupakan satu-satunya hibah dari Ditbinmas Polda Jateng di Kabupaten Kebumen. 


Bangunan tersebut dibangun persis di depan rumah Kepala Desa Kalirancang setelah melalui beberapa survey dan kajian oleh Satbinmas Polres Kebumen. 


"Di sini sangat membutuhkan sekali Satkamling karena setiap RT harus ada satu. Ada yang dari swadaya masyarakat, ada yang dibangun dari bantuan pemerintah, hal ini agar Desa Kalirancang terdapat situasi aman dan kondusif," jelas Suwito. 


(Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved