Sabtu, 01 Juni 2024

Batako Residu Sektor 6 Jadi Bukti, Jika Sampah di Kelola Dengan Baik Bisa Memiliki Nilai Ekonomis Bagi Warga Masyarakat

Batako Residu Sektor 6 Jadi Bukti, Jika Sampah di Kelola Dengan Baik Bisa Memiliki Nilai Ekonomis Bagi Warga Masyarakat

Residu/ sisa pembakaran dari sampah 

MAJALAHCEO.COM, ,  Kabupaten Bandung,- Untuk mengatasi masalah sampah di Citarum, berbagai macam cara telah di lakukan oleh Satgas Citarum Sektor 6. Mulai dari sosialisasi hingga pembersihan sampah secara rutin dan berkelanjutan,(01/6/2024).



Namun di bawah Komando Dansektor Kolonel Infanteri Yanto Kusno Hendarto SH, Satgas Citarum Harum Sektor 6 membuktikan bahwa tidak selamanya sampah jadi masalah, selagi di tangani dengan baik, bahkan sampah bisa memiliki nilai ekonomis.


Batako dari residu setelah melalui proses pengolahan dan cetak 


Di tangan Anggota Satgas Citarum Sektor 6 sampah di manfaatkan menjadi batako, setelah melalui proses pemilahan sampah, sampah selanjutnya di bakar dan sisa pembakaran sampah ( residu) inilah yang menjadi bahan campuran untuk membuat batako.



Batako residu ini bisa di gunakan untuk membangun rumah dan juga kantor karena kualitasnya tidak kalah dengan batako yang selama ini di gunakan. Dengan memanfaatkan residu sisa pembakaran sampah tentunya ini bisa menjadi solusi dari permasalahan sampah yang ada di daerah aliran sungai Citarum.


Empat sampai enam kubik sampah di kelola tiap harinya,sisanya satu sampai dua kubik sampah di bakar di Sektor 6 


Dansektor 6 Kol.Inf Yanto Kusno Hendarto SH menyampaikan sampah yang di bakar setiap harinya 4 sampai 6 kubik yang di kelola oleh Sektor 6 ,sisanya satu sampai dua kubik di bakar. Makin banyak sampah yang di bakar makin berkurang sampahnya, makin banyak residu yang di hasilkan untuk membuat batako.



"Sampah yang selama ini menjadi masalah di Citarum bisa terurai, bahkan bisa mengurangi sampah di aliran sungai Citarum. Tentunya juga harus di sertai dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat agar ikut berperan aktif dilingkungan nya masing dan tidak buang sampah sembarangan apalagi sampai di buang ke aliran sungai Citarum berikut anak sungainya" tutur Dansektor 6.


Anggota Satgas Citarum Sektor Sektor 6 saat proses cetak batako 


"Pilah dan manfaatkanlah sampah mulai dari rumah masing - masing, kelola dengan baik agar tidak menjadi masalah serius di kemudian hari mulai dari banjir hingga gangguan kesehatan lainnya " pungkas Yanto.



 


#()**

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved