Rabu, 18 Mei 2022

HUT Kebun Raya Bogor ke 205 MB-Asman ikut Tanam Pohon Serentak

HUT Kebun Raya Bogor ke 205 MB-Asman ikut Tanam Pohon Serentak



Pemerintah Kabupaten Enrekang melalui Dinas Lingkungan Hidup ikut merayakan HUT Kebun Raya Bogor ke 205 yang ditandai dengan penanaman pohon serentak yang bertempat di Kebun Raya Massenrepulu Enrekang ,Karrang, Rabu 18/05/2022.

Acara penanaman pohon secara serentak dibeberapa tempat kebun raya diseluruh Indonesia termasuk dilakukan Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wakil Bupati Enrekang Asman Sekretaris Daerah H. Baba serta beberapa Kepala Dinas, seperti Kominfo, BPBD dan Disnakin .

Kegiatan penanaman pohon serentak secara hybrid ini juga dilaksanakan di 23 Kebun Raya Indonesia, dengan mengangkat tema "Melestarikan Keberagaman, Menginspirasi Kehidupan"

Dikonfirmasi terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian lima kebun raya Pengelolaan BRIN yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali serta Kebun Raya Cibinong.

Kemudian 5 kebun raya di kelola oleh Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi, 32 kebun raya oleh Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan terakhir tiga kebun raya di kelola oleh Perguruan Tinggi Terdata, pohon yang akan ditanam secara keseluruhan sebanyak 102 spesies, kesemuanya merupakan jen is yang terancam kepunahan.

Kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak serentak di kebun raya. Selain itu, MURI juga mencatatnya sebagai kegiatan penanaman pohon secara serentak di kebun raya terbanyak.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Enrekang, Mursalim sedikitnya ada 6 jenis species pohon yakni"Aglaia Eximia, Aglia Elliptica, Euphorianthus Euneurus, Pterocymbium javanicum, Pangium, Myristica fatua, Eximia elliptica dengan total 39 pohon" jelasnya.

Disela sela penanaman jenis pohon yang terancam punah, Bupati Enrekang Muslimin Bando mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari komitmen para stakeholder.

"Penanaman serentak ini menjadi wujud nyata dari komitmen seluruh stakeholder pengelola kebun raya untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam mengkonservasi keanekaragaman hayati khususnya flora asli Indonesia"pungkas Muslimin Bando Bupati Enrekang .( Atta)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved